Balita Divaksin Dapat Bonus Vitamin A dan Obat Cacing - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Balita Divaksin Dapat Bonus Vitamin A dan Obat Cacing

Balita Divaksin Dapat Bonus Vitamin A dan Obat Cacing

Written By Admin Raka on Jumat, 10 Agustus 2018 | 13.15.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Gerakan serentak pemberian vaksin campak, vitamin A dan obat cacing kepada balita di wilayah Telukjambe Timur mulai dilakukan. Imunisasi itu diwajibkan terhadap daerah rawan, tidak hanya berdasarkan tingginya kasus, tetapi juga rendahnya cakupan imunisasi.

"Target imunisasi campak harus 95 persen dari populasi di wilayah kecamatan Telukjambe Timur hingga tercapai zona wilayah sehat," tandas Camat Telukjambe Timur, Asep Cece Juhandi kepada Radar Karawang, Kamis (9/8), saat membuka pelaksanaan imunisasi di Posyandu Beringin XV  8818, Perum Bintang Alam, Desa Telukjambe.

Camat mengingatkan pentingnya upaya pencegahan penyakit campak dan kesehatan balita melalui imunisasi campak dan pemberian vitamin A dan obat cacing. Dan kemarin, merupakan gerakan serentak pemberian vaksin campak, vitamain A dan obat cacing di empat wilayah berbeda di Kecamatan Telukjambe Timur. 

Pemerintah Kabupaten Karawang melalui Dinas Kesehatan terus mengencarkan pelaksanaan program imuniasi campak, serta pemberian vitamin A dan obat cacing pada daerah sasaran. Dinas kesehatan pun bekerjasama dengan seluruh stakeholder seperti Puskesmas dan posyandu yang tersebar di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur.

Diterangkan Camat, imunisasi campak diberikan kepada anak usai 9 bulan sampai 5 tahun, dan diintegrasikan dengan pemberian vitamin A dan obat cacing. Vitamin A diberikan kepada anak usia 1-5 tahun. Integrasi program tersebut lebih efektif, karena sekali anak datang ke puskesmas langsung mendapat tiga manfaat, yaitu imunisasi campak, vitamin A, dan obat cacing.

Sementara kegiatan kerja di bulan Agustus, ucap camat diawali pertemuan persiapan intensifikasi penimbangan bulan Agustus yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Telukjambe Timur. Peserta pertemuan ini kepala puskesmas, petugas gizi dan ketua TP PKK Kecamatan Telukjambe Timur. Bahkan pertemuan yang langsung dipimpin ketua PKK Kecamatan Telukjambe Timur Imelda Juhandi.

Imelda yang juga istri camat Asep Cece Juhandi berharap adanya koordinasi semua lini terkait pelaksanaan posyandu guna mensukseskan bulan timbang, sehingga dapat diketahui status gizi balita di kecamatan Telukjambe Timur. "Kegiatan bulan intensifikasi penimbangan sangat penting karena kita dapat memperoleh data tentang berapa besar balita kita yang memiliki masalah gizi, baik kurang gizi maupun gizi lebih. Dimana saja penyebaran masalah gizi terjadi, apa penyebab masalah gizi dan siapa nama balita yang bermasalah tadi sehingga kita dapat melakukan intervensi secara tepat," ucap Imelda.

Dikatakan Imelda, kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin tiap bulan dan menjadi wadah pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita. Posyandu di kecamatan Teluk Jambe Timur ini juga dikenal sebagai posyandu gerbang mas dan turut berperan aktif dalam kegiatan bulan pengimbangan Agustus ini. Hadir dalam pembukaan imunisasi balita Kepala Puskesmas Telukjambe Timur Dr. Nugraha, PLKB Kecamatan Telukjambe Timur Koko Sucahyono dan puluhan kader posyandu dan PKK. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template