Bagi-bagi Dana Ulang Tahun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bagi-bagi Dana Ulang Tahun

Bagi-bagi Dana Ulang Tahun

Written By Admin Raka on Kamis, 30 Agustus 2018 | 19.15.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bagi-bagi duit agar peringatan hari jadi Karawang 14 September mendatang bisa dilangsungkan secara meriah. Jumlahnya pun tidak sedikit, masing-masing kecamatan mendapatkan jatah Rp 2 juta. 

Kepala Disbudpar Okih Hermawan menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Rabu (29/8). Menurut Okih pemberian uang tersebut merupakan motivasi untuk menyemangati kecamatan memeriahkan HUT Karawang. "Khusus 30 kecamatan kita berikan stimulan agar membuat kegiatan hiburan, kita bantu dengan mengalokasikan bantuan sebesar Rp 2 juta ke setiap kecamtan," katanya di ruang kerjanya.

Masih dikatakasn Okih, hiburan yang diselenggarakan direncanakan serentak pada Jumat (14/9) malam. Sementara Jumat siangnya dilakukan upacara bendera dan rapat paripurna. "Semua kecamatan menyelenggarakan hiburan sehingga di malam sabtunya tidak ada warga menyeberang kecamatan untuk menyaksikan hiburan HUT Karawang karena di kecamatannya juga ada," ungkap Okih.

Ditanya hiburan apa yang disajikan, Okih mengatakan, jenis hiburannya diserahkan kepada kebijakan masing-masing kecamatan. Dinasnya sendiri, tersang Okih hanya mengarahkan, agar pengadaannya sesuai potensi kecamatan masing-masing. "Hiburannya bisa tari topeng ataupun tari jaipong. Pilihan ini agar kesenian tradisional ikut memeriahkan HUT Karawang," katanya.

Sedang untuk acara puncaknya lanjut Okih tidak langsung bertepatan pada hari jadinya melainkan setelah tanggal 14 September. Itu dikarenakan pada hari H bertepatan hari Jumat. "Rangkaiannya cukup banyak yang besar tradisi bisa berupa karnaval tatar karawang dan jalurnya dari Pemda menuju alun-alun. Jadi Jumat siang itu hanya diisi dengan upacara dan sidang paripurna," ucapnya.
Sementara untuk perlombaan Jumat siangnya hanya khusus untuk pejabat itupun bentuknya hiburan di halaman pemda setelah Jumatan. Sorenya menjelang malam diisi dengan hiburan golden memory, dan disiapkan sampai larut malam. Okih mengatakan dengan kearipan lokal karawang yang harus semuanya ada akan bijaksana jika mengoptimalkan seni-seni tradisional.

"Karnaval disetiap tahun ada, tahun ini kita tunda dan akan dilakukan pada sabtu malam minggu yang akan star di pemda. Kita akan siapkan delman, becak, kereta kencana menuju tuvarep. Bukan hanya Karawang tetapi ada beberapa kabupaten kota lain juga yang akan mengikuti dan sudah masuk 20, malah ada yang dari provinsi," ucap Okih. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template