Bacaleg NasDem Kelabui KPU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bacaleg NasDem Kelabui KPU

Bacaleg NasDem Kelabui KPU

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 11.00.00

PURWAKARTA, RAKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta dikelabui bakal calon legislatif (Bacaleg) dari Partai NasDem. Bacaleg tersebut diketahui berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah ada aduan dari masyarakat. Sementara saat pendaftaran, bacaleg tersebut tak melampirkan surat pengunduran diri dari ASN.

KPU telah memanggil pengurus partai NasDem. Pemanggilan itu guna mengklarifikasi aduan masyarakat terkait adanya salah satu bacaleg yang diduga masih berstatus sebagai ASN aktif. Padahal ASN ini telah ditetapkan dan masuk ke dalam daftar calon sementara (DCS) pada pemlihan umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. "Ya tadi kita panggil pimpinan partai NasDem untuk mengklarifikasi aduan tersebut, dan pihak pengurus partai membenarkan bahwa bacalegnya masih berstatus ASN di Kementrian Kehutanan" ujar Komisioner KPU Purwakarta, Divisi Hukum, Ade Nurdin, Kamis (23/8).

Diketahui, ASN tersebut bernama Ence Sunarya, ia merupakan bacaleg untuk DPRD Purwakarta partai Nasdem di Dapil V dengan nomor urut dua untuk daerah pemilihan Plered, Tegalwaru dan Maniis. "Secara otomatis bacaleg tersebut tidak memenuhi syarat (TMS), sebab sejumlah persyaratan tidak ditempuh salah satunya pengunduran diri sebagai ASN," jelasnya.

Sementara disinggung soal adanya ASN yang telah mengundurkan diri, namun masih tetap ngantor seperti Djuanda Camat Bungursari, Ade menjelaskan hal tesebut bukan ranah KPU. "Yang bersangkutan sebelumnya sudah melampirkan surat pengunduran diri, tanda terima surat pngunduran diri, surat keterangan dari pimpinan bahwa pengunduran diri sedang diproses. Hanya saja, secara etis ASN yang sudah melampirkan ketiga surat di atas, harusnya tidak melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan jabatan yang dirinya sendiri sudah mundur dari jabatan tersebut," pungkasnya.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template