Bacaleg Curi Start Bisa Dicoret - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bacaleg Curi Start Bisa Dicoret

Bacaleg Curi Start Bisa Dicoret

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 16.20.00

KOTABARU, RAKA - Banyaknya poster dan banner dari bakal calon legislatif (bacaleg) yang sudah dipangpang di beberapa titik di Kotabaru belum bisa ditertibkan oleh pihak Satpol PP. Pasalnya meski keberadaan banner-banner itu termasuk melanggar Peraturan Daerah (Perda) Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3), pihaknya mengaku harus ada rekomendasi dari Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

"Untuk masalah poster bacaleg yang melanggar, kita belum dapat rekomendasi dari panwascam. Jadi belum ada tindakan," Kata Diding Haryadi, Kasi Trantib Kecamatan Kotabaru saat ditemui di lingkungan Kecamatan Kotabaru, Selasa (28/8).

Ia juga menyaampaikan, bahwa pelanggaran untuk pemasangan banner dari bacaleg yang melanggar Perda K3, merupakan domain dari panwas. Untuk itu, pihaknya belum berani mengambil tindakan untuk penertiban alat peraga tersebut sebelum adanya rekomendasi dari panwascam. "Kita sih berani berani aja kalau sudah ada rekomendasi dari panwascam," ungkapnya.

Seperti pada pilgub lalu, tambahnya, ia melakukan penertiban semua alat peraga dari pasangan calon yang melanggar, didampingi dengan polsek dan koramil serta pihak panwascam. "Waktu pilgub juga kita bertindak setelah ada rekomendasi dari panwascam. Kita melakukan penertiban bareng sama polsek, koramil dan panwas," tambahnya.

Sementara, Agus Virgo, Ketua Panwas Kecamatan Kotabaru menyampaikan, saat ini pihak panwas tengah mendata kembali bacaleg mana saja yang melnggar peraturan pemilu dan pelanggaran K3. Setelah pendataan selesai ia akan melayangkan surat pemberitahuan untuk penertiban kepada bacaleg. "Hari ini (Selasa) lagi didata kembali, kemudian saya akan melayangkan surat pemberitahuan untuk penertiban kepada para bacaleg," ujarnya.

Selain itu, lanjut Agus, pihaknya juga akan segera memberikan rekomendasi kepada Pol PP untuk melakukan penertiban. "Nanti kita juga akan merekomendasikan kepada Pol PP untuk penertiban perdanya," sambungnya.

Masih disampaikan Agus, sanksi yang diberikan kepada bacaleg yang melanggar, berupa sanksi administrasi. Ia akan menyampaikan surat laporan kepada Bawaslu Karawang untuk diteruskan kepada KPUD Karawang. "Sanksi administrasi yang lebih beratnya adalah pencoretan dari daftar calon legislatif oleh KPU," tegasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template