Aparat Desa Boleh Kasbon di Bumdes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aparat Desa Boleh Kasbon di Bumdes

Aparat Desa Boleh Kasbon di Bumdes

Written By Admin Raka on Rabu, 29 Agustus 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maracang tengah menggarap usaha penjualan sembako dan daur ulang limbah plastik. Praktik usaha tersebut dijalankan dengan membuka sebuah kios sembako yang ditangani langsung oleh pihak Bumdes Maracang.

Ketua Bumdes Maracang Rustam mengatakan, pembentukan Bumdes Maracang dibentuk dari tahun 2017 akhir dalam proses pencairan dana desa tahap tiga tahun 2017. "Pas cair langsung dibuatkan perdes dan AD untuk penetapan Bumdes, namun belum ada anggaran, anggaran Bumdes sendiri cair tahun 2018 tahap dua," terang dia.

Dia juga mengatakan, untuk waktu yang kosong selama beberapa bulan sejak pembentukan dan pelaksanaan tersebut diisi dengan pelatihan dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta. "Karena ada pelatihan dulu dari pemda serta musyawarah desa yang harus di tempuh, jadi anggaran untuk Bumdes bisa cair pada tahap 2 tahun anggaran 2018," jelas dia.

Untuk anggaran Bumdes selama satu tahun, lanjut dia, berjumlah Rp55 juta. "Alokasi dana tersebut akan dibagi 50 persen untuk penjualan sembako di RW 06, serta membuat kios untuk sembako dan 50 persen untuk kerja sama limbah plastik," jelasnya.

Dia juga menjelaskan, untuk penjualan sembako pihaknya menjual kepada masyarakat umum, namun ada perlakuan khusus untuk perangkat desa. "Penjualannya untuk umum tapi khusus untuk perangkat desa bisa ngambil dulu kalau dana siltap macet," teranh dia.

Lebih lanjut dia mengatakan untuk nambah PAD, rencananya sekitar Rp2 juta akan dialokasolikan dari pendaparan Bumdes. "Disamping sembako, pihak Bumdes juga bekerjasama dengan mengelola limbah plastik, khususnya daur ulang," pungkasnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template