Antisipasi Banjir Jauh Hari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antisipasi Banjir Jauh Hari

Antisipasi Banjir Jauh Hari

Written By Admin Raka on Kamis, 02 Agustus 2018 | 15.45.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Musim hujan memang masih jauh, namun tak sedikit wilayah perkampungan yang sering terendam banjir ketika musim hujan datang. Atas hal tersebut, tidak ada salahnya bahkan dianjurkan untuk warga agar dapat meminimalisir banjir dengan banyak menanam pohon ataupun sekedar membersihkan sampah di setiap saluran.

Menurut salah satu warga Desa Rengasdengklok Utara, Aif Fathurahman (32), lingkungannya yang sering terkena dampak banjir saat musim hujan. Dirinya mengaku telah berupaya agar kebanjiran tersebut tak menimpanya meskipun dengan upaya sederhana yaitu menanam pohon seperlunya. "Tak banyak upaya yang bisa kita lakukan, hanya semampu kita saja," ucapnya.

Dirinya pun mengaku tak bisa berbuat banyak ketika musim hujan datang meskipun lingkungannya sering terendam banjir. Seharusnya, lanjut dia, pemerintah bisa sigap dalam hal ini dengan berbagai programnya. "Kalau bisa ada upaya menghalau atau mencegah agar banjir bisa di minimalisir, jangan hanya mengevakuasi," katanya.

Dirinya menyebutkan sekaligus mempertanyakan berbagai unsur kedinasan Pemda Karawang, yang biasanya menanggulangi banjir, ataupun beberapa kelompok yang biasa menjadi  penyelamat bagi para korban banjir, agar dapat disiagakan menanggulangi banjir jauh-jauh hari. "Kan biasanya banyak tuh yang suka nolong kalau lagi banjir, coba diaktifkan sekarang. Intinya kita pencegahan saja," ucapnya.

Warga lain, Hasan (34) mengiyakan, jika akan lebih baik dari beberapa lembaga ataupun instansi kedinasan yang terkait dengan penanggulangan banjir bisa bergerak saat ini, saat dimana hujan belum ada. "Waktu yang pas jika mau menanggulangi banjir. Mumpung masih jauh ke musim hujan," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template