Anjal Mau Adukan Bupati ke Gubernur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anjal Mau Adukan Bupati ke Gubernur

Anjal Mau Adukan Bupati ke Gubernur

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 18.45.00

KARAWANG, RAKA - Anak jalanan (anjal) di Karawang berencana mengadukan Pemerintah Karawang ke Gubernur Jawa Barat terpilih gara-gara dianggap kurang peduli terhadap anak jalanan.

Pengurus Relawan Peduli Pendidikan Karawang (RPPK) Rizal Zaelani (35) menyampaikan, rencananya menyurati orang nomer satu Jawa Barat muncul setelah mengetahui jika sikap Pemda Karawang yang sampai saat ini masih cuek terhadap anak jalanan. Karenanya pihaknya akan melayangkan surat terbuka tentang persoalan sosial di kabupaten ini. "Kita menulis surat terbuka untuk gubernur terpilih.

 Tujuannya menyampaikan harapan anak-anak, sehingga Karawang bisa jadi kota layak anak," ujar Rizal kepada Radar Karawang, Minggu (19/8).

Kata Rizal, anak jalanan di Karawang setiap tahun selalu bertambah, namun sampai saat ini belum sama sekali mendapatkan perhatian dari pemerintahnya. "Anak anak jalanan sangat kurang diperhatikan, bahkan dibilag tidak ada perhatiannya sama sekali, dari pemerintah Karawang. Sekalipun kita pernah dipanggil Bupati, tetapi tetap gak ada respon sampai sekarang," terangnya.

Sementara itu Pengurus RPPK lainya, Sofyan Andi Nurani (27) menjelaskan, pertemuan pertama kalinya dengan bupati berawal dari kegiatan di hari peringatan lingkungan hidup se dunia. Bahkan sempat dipanggil langsung bertemu membicarakan soal anak jalan. Namun sampai saat ini belum ada respon lagi. "Kita sudah sampaikan, persoalan sosial khususnya anak jalanan di Karawang, tapi tidak ada respon sampai sekarang," terangnya.

Masih kata Sofyan, kegitan RPPK hanya bisa melaksanakan pembinaan anak jalanan untuk baca tulis dan menghitung (Calistung) dan Keterampilan. Saat ini jumlah anak jalan setiap tahun semakin tinggi karena para pendatang itu hanya datang tanpa memiliki tujuan dan keterampilan. "Jadi pekerjaan rumah tangga juga buat Pemda Karawang. Kedepan semoga Bupati bisa giatkan pembinaan," ucap Sofyan.

Paling tidak, lanjut Sofyan, minimal harus ada rumah singgah untuk anak jalanan sehingga bisa menjadi rumah pendidikan bagi mereka. "Kita ingin Karawang jadi kota layak anak seperti Bandung dan Bogor," terangnya seraya menyebutkan jika anak jalanan yang ditampung pihaknya sekarang ini sudah mencapai 30 orang dan yang aktif melakukan pembelajaran mencapai 15 anak.

Sementara Sheila Kusuma (11) anak jalanan binaan RPPK berharap, jika masa depannya bisa terwujud seperti halnya anak-naka seusianya. "Semoga anak jalanan menjadi orang yang berunbtung, dan bisa membanggakan bangsa Indonesia. Saya punya cita-cita jadi dokter agar bisa menyembuhkan anak jalanan diseluruh Indonesia, dan bisa membanggakan bangsa Indonesia," terangnya.

Senada juga disampaikan Faisal (8) yang berharap agar bisa menjadi dokter ketika dewasa nanti. "Saya pengen jadi dokter supaya bisa sembuhin orang sakit," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template