Aneh ya.. Pernah Dikecewakan Tapi Mau Milih Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Aneh ya.. Pernah Dikecewakan Tapi Mau Milih Lagi

Aneh ya.. Pernah Dikecewakan Tapi Mau Milih Lagi

Written By Mang Raka on Kamis, 16 Agustus 2018 | 14.07.00

CIKAMPEK, RAKA - Sebagian masyarakat yang kecewa dengan kiprah anggota dewan, memutuskan tidak akan memilihnya lagi. Namun ternyata ada juga masyarakat yang akan kembali memilihnya meski pernah dikecewakan.

Manap, warga Parakan Kecamatan Tirtamulya, yang berprofesi sebagai satpam di salah satu sekolah ini mengaku hanya mengenal satu nama anggota dewan. "Saya taunya Pendi Anwar kalau yang lain nggak tau," ujarnya.

Menurutnya, meski dia pernah dikecewakan, pada Pemilu 2019 nanti akan kembali mendukung dan memilih Pendi sebagai anggota dewan. Kata Manap, dulu dirinya sempat dijanjikan akan diberi bantuan berupa sapi namun tak kunjung datang sampai saat ini. "Ya pilih dia lagi, dulu pernah mau ngasih sapi tapi nggak dikasih. Mungkin tidak di-acc proposalnya," ujarnya.

Warga Pasirmalang, Dadang (25), mengaku tidak mengenal sama sekali anggota dewan yang mewakilinya. "Nggak tau sama sekali saya mah, kalau bupati tau karena sudah beberapa kali ke sini," ujarnya.

Namun begitu dirinya berharap ada anggota legislatif peduli kepada masyarakat, terutama orang-orang yang kondisi ekonominya sangat di bawah dan orang jompo. "Saya senang jika melihat anggota dewan yang menjenguk orang jompo, terus peduli sama masyarakatnya yang sedang sakit. Tapi belum pernah lihat," katanya.

Mesti mengaku belum tahu pelaksanaan pemilu, namun Nanang Rosidin, warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru mengaku, dari sembilan dewan yang ada di dapil 5 hanya kenal dua nama. "Kalau dewan taunya paling H Anda sama Pak Danu," katanya.

Selama ini, lanjut Nanang, para anggota dewan di dapil 5 yang saat ini menjabat belum sama sekali berkunjung ke kampungnya. "Setahu saya gak pernah ada yang datang. Kalau dulu pernah ada, tapi setelah jadi perasaan gak pernah," ujarnya.

Aenun Hayat, warga Desa Pucung, Kotabaru, juga mengaku tidak banyak mengenal nama anggota dewan yang mewakilinya. "Saya taunya 2019 ada pemilihan presiden. Kalau anggota dewan yang tau sih cuma Pak Danu Bakanmaja," ujarnya.

Menurutnya, anggota legislatif tidak begitu penting. Karena dalam kenyataannya, tidak banyak para anggota legislatif yang peduli terhadap masyarakat. "Gak penting lah, toh pada kenyataannya mereka tidak mewakili dan memperjuangkan kita sebagai rakyat kecil. Namanya juga perwakilan rakyat, harusnya mementingkan rakyat dong," katanya.

Di pemilihan nanti, sambungnya, berharap para anggota legislatif yang terpilih adalah orang yang memiliki kemampuan dalam mengurusi pemerintahan dan memiliki keberpihakan terhadap masyarakat. "Minimal yang ngerti, dan yang punya program, kemudian bisa menjalankan program tersebut terutama program yang hubungannya sama masyarakat. Selain itu saya pengen anggota dewan yang tidak susah jika diminta bantuan untuk kegiatan keagamaan," ujarnya.

Kepala PKBM Asholahiyah Cilamaya Kulon Heru Saleh menilai kinerja anggota dewan yang ada belum memuaskan. Katanya, perhatian anggota dewan terhadap dunia pendidikan masih minim.
Heru mengaku tidak semuanya anggota dewan yang mewakilinya ia kenal. "Mungkin saja, karena sosilisasinya belum maksimal," ujarnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Burdah Bayur Kidul Cilamaya Kulon KH Aning Amrullah mengatakan, hanya sebagian kecil dewan yang memuaskan. Aning menilai, bisa saja mereka selama ini malu dengan janjinya terdahulu yang belum terpenuhi, sehingga enggan bersilaturahmi dengan masyarakat.

Dia lantas menyarankan caleg inkumben agar tetap bersama rakyat, baik langsung maupun melalui tokoh, baik bertatap muka maupun lewat medsos. "Karena masyarakat berhak tahu, mendapat terimakasih, juga maaf atas program yang sudah dan belum dijalankannya. Sehingga bisa mengedukasi masyarakat agar mereka merasa memiliki semua bentuk pembangunan yang terkabul dimana pun titiknya," harapnya. (cr2/rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template