Anak Buah Menteri Susi Ikut Bersih-bersih Pantai Cilamaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak Buah Menteri Susi Ikut Bersih-bersih Pantai Cilamaya

Anak Buah Menteri Susi Ikut Bersih-bersih Pantai Cilamaya

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 12.15.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Secara serentak, 76 kabupaten/kota se-Indonesia melakukan aksi bersih-bersih pantai, Minggu (19/8). Di Karawang, aksi tersebut dipusatkan di pesisir Pantai Cilamaya.

Bahkan di Pantai Tengkolak, Desa Sukakerta Kecamatan Cilamaya Wetan, acara bersih-bersih sampah di bibir pantai yang melibatkan komunitas pecinta lingkungan, pelajar dan mahasiswa ini, juga diikuti sejumlah pejabat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Selain aksi bersih-bersih pantai, dilakukan pula penanaman mangrove di sepanjang Pantai Tengkolak hingga Pantai Pasirputih, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.

Setia Saptana, penyelanggara kegiatan gerakan bersih-bersih pantai di Tengkolak, mengatakan, kegiatan ini bertujuan menggugah masyarakat agar menjadikan laut utuh sebagai masa depan bangsa. Baik dalam aspek ekonomi, sosial maupun budaya. "Kegiatan bersih pantai ini serentak dilakukan, kebetulan di Karawang ini digelar di Tengkolak," katanya.

Di Karawang, peserta yang dilibatkan terdiri dari komunitas Karawang Eksplor, Mahasiswa Taruna Polteknik, Siswa Agribisnis Perikanan SMKN 1 Cilamaya, Kelompok Masyarakat Pengawas Pesisir, Mahasiswa Unsika dan SKPD terkait. Dia berharap, pantai-pantai di Karawang semakin bersih, asri dan dijaga bersama.

Dirjen Pengelolaan Ruang Laut Kementrian Kelautan dan Perikanan Bramantyo Purwadi mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai ini dilakukan di 76 lokasi. Dia juga memuji masyarakat Tengkolak yang cukup antusias dalam kegiatan tersebut.

Karena menurutnya, memang tujuan gerakan bersih-bersih pantai menggugah kesadaran masyarakat Indonesia yang 2/3 lokasinya adalah laut, untuk menjaga dan merawat laut sebagai aset masa depan bangsa.

Dikatakannya juga, laut merupakan beranda depan bangsa, karena di sana tersimpan kekayaan biota, termasuk eksplorasi energi seperti Pertamina ONWJ. Lebih dari itu, pantai dan lautnya juga harus dijaga, di mana penjagaannya bukan saja kewajiban Kementerian Kelautan dan Perikanan, namun juga masyarakat sekitar pesisir.

Begitupun daerah yang lebih dekat pantai, harus sama-sama memiliki tanggungjawab besar atas laut yang dimilikinya. "Kita berharap, pemerintah daerah bisa bantu dan mendorong untuk pelestarian pantai. Baik dengan bersih-bersih sampah, maupun penanaman mangrove," katanya.

Dikatakannya juga, kegiatan ini digerakkan langsung oleh Sekretariat Pandu Laut Nusantara, bersama kelompok-kelompok masyarakat secara swadaya di seluruh Indonesia. Dia juga berharap, kegiatan bersih-bersih pantai menjadi ajang edukasi efektif bagi masyarakat pesisir, yang pada akhirnya akan mencegah kerugian, serta mengingatkan bahaya membuang sampah ke laut.

Aksi bersih-bersih pantai yang dikenal dengan Gerakan Menghadap Laut ini merupakan gerakan kepedulian laut terbesar yang pernah ada di Indonesia yang dilakukan secara sukarela serta melibatkan lebih dari 20.000 orang. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template