Anak-anak Bakal Punya KTP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anak-anak Bakal Punya KTP

Anak-anak Bakal Punya KTP

Written By Mang Raka on Rabu, 22 Agustus 2018 | 08.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcatpil) Kabupaten Karawang akan meluncurkan Kartu Identitas Anak (KIA). Rencananya kartu ini diterbitkan sesuai kategori usia, dan ada yang menggunakan foto ada yang polos tidak ada fotonya.
Kepala Disdukcatpil Yudi Yudiana mengatakan itu kepada Radar Karawang, Senin (20/8), selain memastikan lounching KIA itu akan dilakukan bertepatan HUT Karawang pada 14 September mendatang. "Kita punya program kartu identitas anak usia 0-16 tahun. Untuk anak usia 0-5 tahun itu tidak menggunakan foto tetapi kalau 5-16 tahun pakai foto, itu bedanya," ujar Yudi di ruang kerjanya.
Kata Yudi, adanya KIA di Karawang, merupakan program pusat yang secara bertahap untuk 2018 ini diharuskan setiap warga negara Indonesia, memiliki kartu tanda identitas termasuk anak-anak. "Fungsinya KIA selain warga Indonesia yang wajib memiliki KTP saat berusaia 17 tahun, ternyata menurut UU kependudukan bahwa setiap warga negara Indonesia wajib memiliki identitas dan Disdukcatpil akan memfasilitasinya," ujarnya.
Namun kendala yang saat ini dirasakan masih cukup berat karena tidak adaannya anggaran di Disdukcatpil untuk pengadaaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan. "Ini program pusat tapi sarana dan prasarananya dibebankan kepada Pemda masing-masing, tapi memang ada dari pusat itu memberikan bantuan blanko KIA nya sebanyak 78.000 sedangkan alat cetak dan tintanya diserahkan ke kita," terangnya.
Yudi mengakui jika program itu, seharusnya sudah berjalan di awal 2018 lalu, karena pada tahun 2019 itu setiap warga Indonesia dari semua usia wajib memiliki kartu identitas. "Seharusnya sudah ada di tahun 2018 dan 2019 harus semuanya sudah punya. Sekarang kita punya fisiknya cuma kendala di kita sarana dan prasarana saja," tandas Yudi. (apk)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template