Ajari Masyarakat Sampalan Tanam Hidroponik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ajari Masyarakat Sampalan Tanam Hidroponik

Ajari Masyarakat Sampalan Tanam Hidroponik

Written By Admin Raka on Senin, 13 Agustus 2018 | 17.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Dalam rangka memanfaakan barang bekas dan pekarangan rumah, penyuluhan hidroponik berbasis komunitas menjadi salah satu program unggulan darindivisi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang tengah mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi yang ketiga yaitu, pengabdian kepada masyarakat di Desa Sampalan, Kecamatan Kutawaluya.

"Dalam KKN ini, kami berusaha memfokuskan kegiatan kepada perubahan sosial atau kebiasaan yang ada di masyarakat seperti memanfaatkan pekarangan rumah dengan mengaplikasikan hidroponik sistem wick, " ucap kordinator KKN Tematik Unsika Reza Pahlevi, kepada Radar Karawang.

Ia menambahkan, banyak tanaman bisa digunakan dalam budidaya hidroponik berbasis komunitas itu, terdiri dari pakcoy, sawi, bayam merah, kangkung, caisin dan lain-lain. Kegiatan ini melibatkan berbagai kalangan diantaranya ibu-ibu PKK dan mahasiswa yang melaksanakan KKN tematik UNSIKA di Desa Sampalan. "Program kerja ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat, agar hal tersebut menjadi preseden yang baik bagi masyarakat Desa Sampalan kedepannya," katanya.

Selain itu, peserta KKN lainnya, Muhammad Aziz Muslim,mahasiswa semester 7 prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unsika mengatakan, meski program itu menjadi skala prioritas, namun pihaknya tidak melupakan program lainnya. Tengok saja, beberapa hari yang lalu kegiatan mengajar les siswa dan siswi SD di posko tempat mahasiswa tinggal dengan nama program Rumah Belajar Kreatif atau disingkat RUJAK. Program tersebut dilaksanakan dalam rangka membantu mencerdaskan anak bangsa sesuai dengan amanat UUD 1945 alinea keempat. "Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Karena antusiasme yang tinggi dari siswa dan siswi SD di Desa Sampalan selama mengikuti kegiatan ini. Selain itu, keberhasilan ini tentu berkat dukungan dari teman-teman KKN sekalian" ungkapnya

Sementara itu, dari divisi kesehatan telah berhasil menggelar kegiatan penjaringan kesehatan anak usia dini yang bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Kutawaluya. Hal tersebut diperlukan untuk melatih serta memeriksa kesehatan anak usia dini. "Kami menggelar kegiatan ini, bertujuan untuk mencegah terserang penyakit, sehingga dapat meningkatkan angka kesehatan di tempat kami mendharma baktikan di Desa Sampalan, Kecamatan Kutawaluya," tuturnya.

Kemudian Wakil Koordinator KKN Desa Sampalan, Irfan Rusyadi Kurniawan mengatakan, bahwa kegiatan KKN merupakan bentuk manivestasi dari pengabdian yang dilakukan mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat. Selain itu, program-program yang dirancang untuk diaktualisasikan dan harus saling terintegrasi agar menjadi suatu manfaat yang dirasakan oleh masyarakat tersebut. "Semoga, program kerja yang tengah disusun dapat terealisasi, sehingga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik," pungkasnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template