Air Waduk Jatiluhur Menyusut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Air Waduk Jatiluhur Menyusut

Air Waduk Jatiluhur Menyusut

Written By Admin Raka on Senin, 20 Agustus 2018 | 11.00.00

PURWAKARTA, RAKA- Musim kemarau yang cukup panjang di Purwakarta dan sekitarnya, tidak hanya dikeluhkan masyarakat lantaran sulitnya air bersih, namun kemarau juga berdapak pada Tinggi Muka Air (TMA) Waduk Jatiluhur Purwakarta alami penurunan. Meski be
gitu, kondisi ini masih dianggap normal dan tidak banyak berdampak ke sektor irigasi.

Direktur Keuangan dan SDM PJT II Jatiluhur, Haris Zulkarnaen menjelaskan, jika penurunan ini masih di anggap nomal dan tidak berdampak begitu signifikan. "Kondisi ini masih kami anggap normal, dengan TMA saat ini antara 97 dan 98 mdpl. Cenderung di bawah normal, tapi masih di atas kering," ujar Direktur Keuangan dan SDM PJT II Jatiluhur, Haris Zulkarnaen, kepada sejumlah awak media pada akhir pekan lalu.

Haris menegaskan, pihaknya masih bisa menjamin suplai air untuk irigasi di hilir masih bisa terpenuhi. Termasuk pengaliran air ke Jakarta, Karawang serta daerah lainnya masih bisa dijamin hingga akhir tahun nanti. "Dengan kondisi ini, kini PJT masih bisa mengoperasikan turbin maupun pengiriman air seperti biasanya," tuturnya.

Ia berharap beberapa waktu kedepan bisa terjadi hujan, hal itu agar TMA naik dan berefek pada keperluan operasional di tahun berikutnya. "Air yang dikeluarkan pun masih sesuai dengan permintaan. Kalau ada sawah yang kekeringan, mungkin itu area diluar target operasi waduk ini," ucapnya.

Diketahui, tren penurunan air di waduk terbesar di Indonesia ini. Akan tetapi, penurunannya dianggap tidak terlalu signifikan, yaitu berkisar 10 sentimeter perbulan.  (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template