Air Sumur Warga Situdam Minta Diuji Lab - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Air Sumur Warga Situdam Minta Diuji Lab

Air Sumur Warga Situdam Minta Diuji Lab

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 15.30.00

JATISARI, RAKA - Sudah belasan tahun bahkan puluan tahun bendung Barugbug tercemar. Bukan tidak mungkin, air yang bersumber dari sumur warga juga ikut tercemar. Oleh karenanya, warga meminta agar pemerintah daerah melakukan pemeriksaan terhadap air sumur milik warga.

"Inikan sudah tahunan, bagaimana kalo air limbahnya juga ternyata menyerap ke sumur warga," kata warga Barugbuh Asep Entus.

Ia menyampaikan, air sumur yang jaraknya tidak jauh dari bendungan Barugbug dan saluran irigasi yang tercemar harus dilakukan pemerinksaan. "Kalo ada kandungan zat kimia berbahayanya gimana ? kesehatan warga bisa terancam, baik di wilayah Barugbug maupun di Situdam," ujarnya.
Kepala Desa Situdam Iwan Kurniawan menyampaikan hal serupa. Sebagai kepala desa, ia juga merasa khawatir warganya mengonsumsi air yang tidak sehat. "Memang harusnya air sumur warga juga diuji lab," pintanya.

Menurutnya, sebenarnya kekhawatiran tersebut sering disampaikan, bahkan sampai pada akhirnya tim dari Puskesmas Jatisari melakukan pengambilan sampel air sumur milik warga yang tidak jauh dari bendungan Barugbug dan irigasi. Namun sampai saat ini hasil uji labnya tidak pernah diketahui oleh warga. "Sudah pernah diambil sampel (air sumurnya), tapi sampai sekarang hasilnya nggak dipublikasikan," ujarnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template