Agusutsan Jangan Hanya Sekedar Seremonial - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Agusutsan Jangan Hanya Sekedar Seremonial

Agusutsan Jangan Hanya Sekedar Seremonial

Written By Admin Raka on Jumat, 03 Agustus 2018 | 15.15.00

PEDES, RAKA- Semangat menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang biasa dimeriahkan pada 17 Agustus, harus lebih besar dari pada biasanya. Pasalnya, 17 Agustus hanya sebuah deklarasi dan peringatan tiap tahun saja. Namun, semangatnya harus tetap dalam diri seorang pemuda.

"Tanggal 17 itu kita merayakan sekaligus memperingati hari kemerdekaan, namun semangatnya harus tetap ada setiap hari. Karena perjuangan kita bukan hanya melawan penjajah, berjuang untuk tidak berbuat melanggar hukum saja sudah merupakan perjuangan bagi kita," ujar salah seorang guru, Jaja Abdullah, kepada Radar Karawang.

Menurutnya, kemerdekaan ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi pemuda. Entah di daerah maupun di mana saja. Karena, seperti kata Bung Karno, Presiden pertama Inodonesia ini dengan lantang menitipkan Indonesia kepada para pemuda. "Semangat itu yang harus kita pegang, karena benar katanya. Pemuda inilah harapan bangsa," tegasnya.

Jika dalam memperingati 17 Agustusan banyak yang memeriahkannya dengan berbagai macam perlombaan, seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan lainnya. Menurutnya hal tersebut merupakan simbol yang di dalamnya terdapat sebuah makna. "Bukan hanya lombanya, kita juga harus tau juga maknanya," katanya.

Dirinya merasa khawatir jika masyarakat, khususnya para pemuda hanya terpaku kepada jenis perlombaan dan hadiah yang disuguhkan para pnitia, tanpa tahu sendiri maknanya. Namun, dengan antusias dan kemeriahannya saja sudah merupakan kebanggan bagi para pendiri negeri. "Setidaknya para pahlawan akan merasa dihargai ketika perjuangannya selalu dikenang," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template