40 Ribu Hektare Sawah Bisa Ditanami - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 40 Ribu Hektare Sawah Bisa Ditanami

40 Ribu Hektare Sawah Bisa Ditanami

Written By Admin Raka on Jumat, 31 Agustus 2018 | 11.15.00

PURWAKARTA, RAKA- Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, menargetkan luasan areal sawah yang ditanami sepanjang 2018 mencapai 40 ribu hektare. Luasan ini, lebih dari dua kali lipatnya luas baku sawah di wilayah Purwakarta. Pasalnya, luas baku sawah tersebut hanya 18 ribu hektare.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan, mengatakan, target sawah yang berhasil ditanami padi ini jauh lebih luas dibanding sawah baku yang ada. Asumsinya, sepanjang tahun dari 18 ribu hektare sawah itu, mengalami peningkatan indeks pertanaman (IP). "Meskipun sawah baku kita hanya 18 ribu hektare, tapi dalam setahun kita mampu tanam dan panen minimalnya dua kali," ujar Agus, kepada sejumlah awak media.

Menurut Agus, 18 ribu hektare itu terdiri dari 10 ribu lahan irigasi teknis. Sisanya, 8.000 hektare merupakan lahan semi irigasi teknis dan laham tadah hujan. Untuk sawah irigasi teknis yang tadinya tanam hanya dua kali, sekarang ditingkatkan jadi tiga kali dalam setahun. Begitu pula dengan sawah tadah hujan. Biasanya, hanya bisa tanam dan panen hanya sekali, sekarang digenjot menjadi minimalnya dua kali tanam dan panen. Dengan begitu, luasan sawah yang produktif mengalami peningkatan.

Selain itu, pihaknya juga berupaya untuk meningkatkan produktivitas. Salah satunya, dengan menggandeng PT Pupuk Kujang Cikampek untuk membuat demplot percontohan. Saat ini, sudah ada demplot, lokasinya di Kampung Petir Lio, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Jatiluhur. "Demplot tersebut luasnya satu hektare, yang dikelola oleh petani setempat," ujar Agus.

Kerja sama ini, dalam rangka meningkatkan ketersedian bahan pangan. Bila ketersediaan pangan meningkat, maka kesejaheraan petani juga bisa bertambah.

Sementara Pejabat Bupati Purwakarta, M Taufiq Budi Santoso, mengatakan, pihaknya mendorong supaya di Purwakarta ini banyak demplot-demplot sebagai lahan uji coba pertanian. Mengingat, keberadaan demplot ini sangat positif. Terutama bagi petani. "Sebab, hasil pertanian dari lahan demplot ini lebih bagus ketimbang lahan pertanian biasa," ujarnya.

Karena itu, pihaknya mendorong supaya perusahaan baik BUMN maupun swasta turut berpartisipasi dalam sektor pertanian. Seperti, langkah PT Pupuk Kujang Cikampek, yang fokus pada peningkatan pertanian di demplot yang ada di Desa Kembang Kuning ini. Jadi, demplot ini perlu dikembangkan di seluruh kecamatan yang ada di Purwakarta. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template