223 Bakal Calon Kades Dites Urine - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 223 Bakal Calon Kades Dites Urine

223 Bakal Calon Kades Dites Urine

Written By Mang Raka on Kamis, 23 Agustus 2018 | 11.00.00

KARAWANG, RAKA - Maraknya peredaran narkoba di pedesaan bisa menjangkiti siapa saja. Termasuk 223 bakal calon kepala desa yang akan bertarung di 67 desa. Untuk itu, serangkaian pemeriksaan kesehatan dilakukan, agar calon kades terpilih bersih dari pengaruh dari barang haram tersebut.
Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Eko Mubarok mengatakan, para bakal calon kades tersebut diperiksa oleh 12 instansi. Mulai dari Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes), Kejaksaan Negeri Karawang, Pengadilan Negeri Karawang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Agama, Polres Karawang, Dinas Kesehatan, Badan Narkotika Nasional Karawang, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. "Semua bacalon sudah melakukan tes urine, hasilnya nanti disampaikan setelah rapat panitia uji," katanya kepada Radar Karawang.
Ia melanjutkan, saat ini panitia masih dalam tahap pemeriksaan berkas para balon kades. Jika ditemukan kejanggalan, maka tidak bisa melanjutkan tahapan pemilihan kepala desa alias dicoret. "Pesta demokrasi tingkat desa tunggu keputusan hasil rapat panitia uji, dari hasil administrasi kelayakan bakal calon kepala desa se-Kabupaten Karawang," ungkapnya.
Dari 67 desa tersebut, kata Eko, ada delapan desa yang sangat diminati oleh para balon kades. Yaitu Desa Tanjungpakis 6 orang, Desa Ciptasari 6 orang, Desa Cintaasih 6 orang, Desa Duren 6 orang, Desa Gintungkerta 12 orang, Desa Kalangsari 6 orang, Desa Kutalanggeng 6 orang, dan Desa Cengkong 7 orang. "Jumlah maksimal calon kades 5 orang. Berarti sisanya dicoret," tuturnya.
Selain itu, bakal calon kades diakui Eko ada yang mendaftar dari luar desa hingga kabupaten. Namun, dia belum mengetahui persis nama desa yang dimaksud. "Calon kades dari luar desa ada. Kabarnya ada juga yang dari luar kabupaten, tapi sudah netap di Karawang lalu nyalon. Kami belum rekap datanya," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template