2 Bulan Kalang Kabut Cari Air Bersih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 2 Bulan Kalang Kabut Cari Air Bersih

2 Bulan Kalang Kabut Cari Air Bersih

Written By Admin Raka on Jumat, 24 Agustus 2018 | 14.00.00

TEGALWARU, RAKA - Sejak dua bulan terakhir warga di sekitar Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan kalang kabut mencari sumber air bersih yang bisa dikonsumsi. Sayangnya kebetuhan itupun sudah seperti  barang langka di wilayah tersebut. Tidak heran, kondisi itupun menjadi sorotan serius pemerintah Kecamatan Tegalwaru, bahkan untuk mendapatkan sumber air bersih, camatnya sendiri sempat merambah hutan bersama kades-kadesnya.

"Saya juga sempat mencari sumber air ke lokasi sumber-sumber air di Kecamatan Tegalwaru. Tadinya saya berharap apabila mendapatkan sumber air bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi kekeringan di wilayah terdampak," ucap Camat Tegalwaru Mahfudin, baru-baru ini. Camat menambahkan dirinya didampingi para kepala desa yang desanya dilanda kekeringan.

"Perihal kekeringan ini memang sudah menjadi kejadian rutin dan tiap tahun dirasakan masyarakat kecamatan Tegalwaru. Mudah-mudahan ke depan kita bisa mendapatkan solusi jangka panjangnya," ucap camat dan menambahkan sekitar 17 kampung dari 5 desa di Kecamatan Tegalwaru terdampak kekeringan. Pihaknya sendiri saat ini intensifkan koordinasi dengan muspida kabupaten mencari solusi agar kesulitan air bisa ada solusinya.

Sementara Budi (52) warga Kampung Pasir Camay mengatakan sudah dua bulan terakhir ini sejak musim kemarau melanda kampungnya tiga bulan ini, sumber-sumber air di kampungnya nyaris tidak mengeluarkan air lagi. Bahkan untuk keperluan sehari-hari pun mereka harus berjibaku keluar desa mencai sumber-sumber air yang masih mengeluarkan air. "Sudah dua bulan sumur kami tidak mengeluarkan air. Untuk minum pun sedapatnya saja, asal air itu bersih," ucapnya.

Sementara itu, bantuan air bersih memang sudah sampai. Diantaranya dari Polres Karawang yang bahkan langsung dipimpin Kapolres AKBP Slamet Waloya. Selain dari pramuka kwartir ranting Pangkalan bekerjasama kordinator wilayah pendidikan sekolah dasari dan pendidikan anak usia dini kecamatan Pangkalan. Dua kelompok berbeda institusi itu mengucurkan air di wilayah-wilayah terdampak kekeringan di Kecamatan Tegalwaru dan Pangkalan. 

Dikatakan kapolres ketika itu, bantuan air bersih itu merupakan bakti sosial kepolisian sebagai wujud rasa kepedulian Polres Karawang kepada masyarakat. Pembagian air bersih itu akan terus dilaksanakan bertahap sesuai yang dibutuhkan dengan tujuan warga tidak merasa kekurangan air bersih di musim kemarau ini.

Hal sama juga diungkapkan Ketua Kwarran Pangkalan H. Oce Vant Adipitra, bantuan air bersih yang dikucurkannya merupakan bentuk pengabdian dan kepedujlian pramuka kepada masyarakat. "Ini merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian pramuka kepada masyarakat, dan bisa merasakan semangat di Hari Pramuka dengan membantu sesama," pungka Oce. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template