Wow... Pemkab Kucuri Citarum dengan Uang Rp 33 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wow... Pemkab Kucuri Citarum dengan Uang Rp 33 Miliar

Wow... Pemkab Kucuri Citarum dengan Uang Rp 33 Miliar

Written By Admin Raka on Kamis, 19 Juli 2018 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang menggelontorkan Rp 33 miliar untuk membersihkan Sungai Citarum. Jumlah tersebut teralokasi terhadap 57 program kegiatan yang tersebar di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Karawang Wawan Setiawan menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Rabu (18/7). "Citarum memang sudah diprogramkan dari APBD murni tahun 2018. Hitungan kami ada Rp 33 miliar, dibagi dalam 57 kegiatan yang tersebar diseluruh OPD Kabupaten Karawang," terang Wawan.

Dari 57 program itu, jelas Wawan, satu diantaranya berada di Dinas Kesehatan. Misalnya, untuk kegiatan-kegiatan penyuluhan penyakit menular. Dinkes memfokus kegiatan itu di desa-desa yang dialiri Sungai Citarum. Sementara DLHK sendiri untuk pembuatan Tempat pembuangan Sampah (TPS) yang nantinya akan ditempatkan di titik yang dekat pada sungai Citarum.

"Sekarang sudah masuk dua semester dan pasti ada yang telah melakukan secara fisik. Kemarin rencana saya kedatangan mahasiswa Universitas Budi Luhur yang mau Kuliah Kerja Nyata. Jumlahnya ada 60 orang dan kita akan tempatkan mereka dekat dengan sungai-sungai yang terlewati Citarum," katanya.

Dengan anggaran yang dimiliki Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Karawang sebesar 33 miliar itu, DLHK sendiri, kata Wawan, hanya kebagian 1,4 miliar untuk program berkaitan dengan Citarum. "Kita ada pengujian di sekian titik dan sifatnya kepada penegakan hukum. Sesuai dengan tufoksi bahwa kami dalam penegakan hukum sanksi yang dikeluarkan sifatnya administratif. Dari tertulis, bisa sampai pembekuan izin, penutupan izin, dan pencabutan izin. Jika tindakan fisik dan sebagainya itu dipihak kepolisian," katanya. (apk)

Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template