Wisata Kampung Turis Bayar Pajak ke Pemda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wisata Kampung Turis Bayar Pajak ke Pemda

Wisata Kampung Turis Bayar Pajak ke Pemda

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 13.15.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Karawang tidak memiliki kewenangan untuk pengelolaan kelautan di wilaya pesisir Karawang. Pasalnya Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) hanya bisa memanfaatkan tempat pelelang ikan untuk bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah.

Sekretaris Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Bambang Susetio menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Jumat (20/7). "Pariwisata yang kita miliki yang sudah jelas itu hanya kampung budaya (Kambud), soal pariwisata di lautan itu kewenangannya ada di provinsi," katanya di ruang kerja.

Kata Bambang, DPPKAD saat ini hanya bisa memanfaatkan potensi didaerah dengan cara penarikan pajak retribusi ditempat-tempat pelelangan ikan. "Lautan sudah diambil provinsi kebijakannya, makanya dinasnyapun bukan lagi Dinas Kelautan dan Perikanan tetapi Dinas Perikanan saja, Kelautannya sudah tidak ada," terangnya.

Sesuai UU no 33 tentang golongan dasar bumi itu darat dan laut. Kata Bambang, Pemda Karawang hanya bisa memanfaatkan potensi-potensi besar untuk dapat memanfaatkan pariwisata yang ada saat ini untuk bisa menjadi pundi-pundi uang masukan kepada pemda Karawang. "Yang kita dapatkan itu restribusi dari pariwisata adalah dari pelelang ikan, izin kelautan sudah di tarik ke atas kewenangan sudah dipusat, semuanya itu milik negara sesuai UU no 33 golongan dasar bumi laut dan kewenangan dibagi-bagi antara pusat, provinsi dan daerah," terangnya.

Oleh sebab itu, kata Bambang, saat ditanyakan mana aset milik daerah tentang pariwisata yaitu Kampung Budaya saja,  mulai dari pantai Sendari, sampai Candi Jiwa itu bukan dari pemda asetnya. "Contoh di Sangga Buana ada Kampung Turis. Apakah itu punya pemda bukan, tapi pemda mendapatkan pajaknya saja," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template