Warga Disarankan Gunakan IUD Jangka Panjang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Disarankan Gunakan IUD Jangka Panjang

Warga Disarankan Gunakan IUD Jangka Panjang

Written By Admin Raka on Selasa, 24 Juli 2018 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Untuk mendukung pencapaian target penurunan angka kematian ibu melahirkan sesuai target Tujuan Pembangunan Milenium pada 2018, Koordinator Satuan Pelaksana Pembantu Pembina Keluarga Berencana (PPKB) Kecamatan Tegalwaru mendorong warga menggunakan kontrasepsi jangka panjang, seperti IUD dan Implant.

Koordinator PPKB Kecamatan Tegalwaru Saefudin SP, Senin (23/7) mengatakan kecepatan dan keberhasilan penyelenggaraan program kependudukan dan keluarga berencana sangat tergantung kepada unsur pelaksana pada tingkat lini lapangan. Yakni Pembina Keluarga Berencana Tingkat Rukun Warga (PPKB RW) yang selama ini dikenal sebagai unsur pelaksana program kependudukan dan keluarga berencana tingkat RW.

Mereka merupakan tokoh masyarakat perempuan di wilayahnya dan bekerja secara suka rela, peduli dan aktif menyebarluaskan program keluarga berencana. Terutama dalam pemakaian alat kontrasepsi. "Di wilayah kerjanya, seorang PPKB RW memiliki keluarga binaan. Mereka sangat paham, tahu dan hafal keluarga mana saja yang sudah pakai alat kontrasepsi dan mana yang belum,” ujar Saefudin.

Begitu pun Tim Penggerak Desa (TPD) Kecamatan di tiap-tiap desa, mereka merupakan busur utama dari Koordinasi petugas Pelaksana dalam upaya menggenjot agar masyarakat memasang alat kontrasepsi IUD dan Implant. Bahkan, lanjut dia saat PATEN kemarin jumlah target di pelaksanaan itu tembus sampai 100 Peserta. Lebih lanjut, keberadaan Balai Penyuluh KB penting, karena bisa menjadi tempat konsultasi bagi masyarakat yang memiliki persoalan terkait KB.

Banyak fungsi yang dimiliki Balai Penyuluh KB sehingga keberadaanya sangat diperlukan. Untuk mewujudkan hal tersebut, tambah dia, BKKBN melaui Dinas PPKB akan terus berkordinasi dengan seluruh Tim Penggerak Desa  yang ada agar tercapai target yang di harapkan bisa di ikuti oleh semua ibu-ibu di wilayah Kecamatan Tegalwaru.

Bendahara PPKB Kecamatan Tegalwaru Aji Sudiarto,  sependapat, petugas di lapangan diminta berperan aktif dalam pogram kependudukan dan KB dan sumber-sumber informasi  dan kesehatan reproduksi sehingga dapat di percaya masayarakat. Tujuan keluarga berencana adalah untuk menanamkan konsep NKKBS (Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera) pada keluarga-keluarga di seluruh pelosok Indonesia.

"NKKBS adalah salah satu slogan pemerintah yang bertujuan untuk menekan laju pertumbuhan penduduk agar lebih seimbang. Program ini sangat didukung oleh pemerintah dengan banyaknya kampanye mengenai penggunaan alat kontrasepsi guna menahan laju pertumbuhan penduduk. Sejak dini, murid-murid di sekolah pun sudah diajari pengertian keluarga berencana," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template