Warga Banyusari MCK di Irigasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga Banyusari MCK di Irigasi

Warga Banyusari MCK di Irigasi

Written By Admin Raka on Selasa, 24 Juli 2018 | 15.00.00

BANYUSARI, RAKA - Kebiasaan jelek masyarakat menggunakan sungai sebagai sarana Mandi Cuci Kakus (MCK) sudah menjadi budaya dikalangan masyarakat Kecamatan Banyusari. Padahal kebiasaan tersebut bisa mengancam kesehatan mereka.

Luki Muflih, Kepala Puskesmas Gempol mengatakan, kebiasaan masyarakat yang selalu menggunakan sungai sebagai MCK merupakan perilaku yang tidak baik. Karena akan berdampak terhadap kesehatan masyarakat itu sendiri. "Jika dilihat dari sisi kesehatan jelas tidak baik. Apalagi air sungai tersebut digunakan juga untuk mencuci pakaian, mencuci piring bahkan digunakan untuk mandi juga," kata Luki kepada Radar Karawang, di ruang kerjanya, Senin (23/7).

sesuai dengan tugas dan fungsinya, Luki selalu melakukan penyuluhan mengenai dampak MCK di bantaran sungai terhadap kesehatan masyarakat. Pihaknya selalu melakukan penyuluhan, baik pada minggon desa, minggon kecamatan ataupun kegiatan-kegiatan lain melalui bidan desa. "Bahkan sering juga kami memberikan pemahaman terhadap masyarakat melalui kegiatan pengajian ibu-ibu, namun ya kembali lagi kepada kesadaran dan perilaku masyarakatnya sendiri," ujarnya.

Menurutnya, untuk mengatasi hal tersebut perlu dibuatkan peraturan yang jelas dari pemerintah, baik peraturan desa (perdes), peraturan bupati (perbup) atau aturan-aturan lain yang sifatnya pelarangan dan pemberian sanksi terhadap masyarakat yang masih membuang kotoran di bantaran sungai. Dengan adanya aturan dan pemebrian sanksi, maka masyarakat akan berpikir ulang jika hendak Buang Air Besar (BAB) di sungai. "Meski terkesan ekstrim sampai ada sanksi, tapi sebenarnya itu demi kesehatan masyarakat juga," tambahnya.

Namun, pemerintah juga harus memberikan solusi untuk masyarakat, semisal dengan membuatkan MCK kelompok bagi masyarakat yang memang tidak memiliki MCK di rumahnya. "Misalkan dibuatkan satu MCK untuk 10 rumah, kemudian diatur juga pengelolaan kebersihannya agar masyarakat sama-sama menjaga kebersihan MCK tersebut," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template