Waduh Bahaya Nih, Anggaran Pilkades Belum Masuk APBDes ! - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waduh Bahaya Nih, Anggaran Pilkades Belum Masuk APBDes !

Waduh Bahaya Nih, Anggaran Pilkades Belum Masuk APBDes !

Written By Admin Raka on Senin, 16 Juli 2018 | 15.30.00

PURWASARI, RAKA- Meski pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Karawang sudah ada tanggal pasti. Namun anggaran untuk pelaksanaan Pilkades di setiap desa yang akan menggelar pesta demokrasi tingkat desa itu belum dialokasikan.

Seperti yang terjadi di Desa Cengkong Kecamatan Purwasari. Hal itu disampaikan Kasi Pemerintahan Kecamatan Purwasari H Syahrul Hafidz saat dikonfirmasi terkait persiapan Pilkades di Purwasari. "Pilkades cuma Desa Cengkong aja (di Kecamatan Purwasari). Untuk angaran ditanggung pemda (APBD). Tapi di APBDes juga harus tercantum," ujar Syahrul, kepada Radar Karawang, Minggu (15/7).

Oleh karenanya, tambah Syahrul, Desa Cengkong harus memasukan nomenklatur Pilkades di APBDes perubahan. Karena sebagaimana diketahui Pilkades yang akan digelar di 67 desa itu akan dilakukan pemungutan suara dan perhitungannya pada 11 November 2018 mendatang. "Paling di APBDes perubahan baru dimunculkannya (Anggaran Pilkades)," ujarnya.

Menurutnya, untuk panitia Pilkades Cengkong direncanakan akan dibentuk pada Senin (16/7) malam. Hal itu berdasarkan laporan yang masuk ke pihak kecamatan dadi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cengkong. "Rencananya Senin pembentukan panitia. Nanti yang ngurusnya BPD," ujarnya.
Sementara Ketua BPD Cengkong Herman membenarkan, bahwa pelaksanaan Pilkades sudah memasuki tahapan persiapan pemilihan panitia 11. Bahkan Senin (16/7) malam, bukan hanya pemilihan melainkan langsung pelantikan. "Besok malam akan ada pelantikan panitia 11 atau panitia pilkades," ujarnya.

Dia menyampaikan, tidak ada syarat khusus untuk menjadi panitia, melainkan hasil musyawarah BPD dengan para tokoh. Karena yang peling penting adalah panitia bisa menjalankan tugas dengan baik dan bisa menjaga netralitas. "Panitianya yang sudah berpengalaman saja. Terus yang dianggap bisa kerja dan bisa netral," ujarnya.

Karena jika tidak netral, tambah Herman, pelaksanaan Pilkades tidak akan bisa berjalan dengan baik. Dan ujung-ujungnya BPD juga yang ikut dibingungkan saat ada kekacauan. "Untuk panitia diantaranya guru dan tokoh masyarakat," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template