Usaha Rumahan di Sirnabaya Menggeliat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Usaha Rumahan di Sirnabaya Menggeliat

Usaha Rumahan di Sirnabaya Menggeliat

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Fenomena mengalihfungsian rumah tinggal menjadi tempat usaha kian marak di sejumlah wilayah tanpa terkecuali di Kecamatan Telukjambe Timur. Perkembangan jenis usaha rumahan ini sekaligus bukti perekonomian di wilayah itu mengalami perkembangan.

Seperti dikatakan Sekertaris desa Sirnabaya Deni Rukmana SE, berkaitan dengan kegiatan usaha apa saja yang diizinkan di area pemukiman, bisa mencakup untuk usaha pelayanan lingkungan secara langsung yang sesuai kebutuhan lingkungan bersangkutan dan praktik keahlian perorangan. Dan juga, setiap kegiatan sosial yang dipastikan tidak merusak kelestarian lingkungan.

Terlebih jika bentuk usaha itu bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar akan jauh lebih baik. "Secara peraturan bentuk badan usaha perorangan yang banyak digelar di kawasan perumahan Peruri bukan jenis waralaba melainkan usaha rumahan. Bagi pemerintah desa tidak masalah, yang penting tidak merusak lingkungan," ucap Deni seraya menambahkan usaha-usaha tersebut kebanyakan dilakukan warga yang rumahnya berada dekat jalan raya.

Hal senada pun bahkan kembali ditegaskan  H. Iswandi (44) Warga sekitar usaha - usaha yang ada dilingkungan perumahan Perum Peruri merupakan bentuk dari peluang usaha yang tercipta lantaran kondisi. Menurut dia awalnya coba - coba ternyata malah ada potensi yang justru menguntungkan. Sehingga tidak satu saja bahkan perumahan yang lokasinya di depan membuat tempat usaha.

Menyikapi fenomena itu warga yang membuka usaha warung nasi dan kelontong Vivian (30) mengatakan peluang usaha itu awalnya hanya coba-coba . Akan tetapi malah membawa berkah. Bahkan kini dirinya bisa mempekerjakan warga sekitar yang kebetulan anak yatim dua orang. Dan dirinya beruntung miliki perumahan di sekitaran Perum Peruri.

"Tadinya cuma dapat jatah rumah ada di blok yang paling dalam, tapi beruntung  ternyata mendapatkan rumah di depan," ujarnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template