Untuk Rutilahu Pemkab Baru Bisa Bantu Rp 40 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Untuk Rutilahu Pemkab Baru Bisa Bantu Rp 40 Miliar

Untuk Rutilahu Pemkab Baru Bisa Bantu Rp 40 Miliar

Written By Admin Raka on Rabu, 11 Juli 2018 | 16.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Rumah anak yatim Rohayu di Dusun Ondang 1 RT 07/04 Desa Tegalwaru, Kecamatan Cilamaya Wetan yang rusak parah dan bocor, ternyata belum masuk  Program pembangunan unit Rumah Tidak layak Huni (Rutilahu) tahun 2018. Padahal anggaran yang dialokan Pemkab untuk itu mencapai Rp 40 miliar.

Kadus Ondang 1 Karlim mengatakan kekurangan besaran dana untuk membangun rumah Rohayu ini minimal Rp 7 jutaan lagi, namun baru di cover dari mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi sebesar Rp 12 juta. "Dari data yang ada di Desa Tegalwaru ini ada 4 unit rumah yang akan dibedah dalam program Rutilahu tahun 2018 ini. Sayangnya, rumah Rohayu dan keluarga yang sudah lapuk, ternyata tidak masuk daftaran untuk tahun ini," tandas Karlim.

Karenanya, ia berharap tambahan ulang itu bukan saja mengandalkan dari Dedi Mulyadi saja, tetapi juga dari donatur lainnya, karena Rohayu dan kedua kakaknya ini mendesak paling membutuhkan mengingat keparahan rumahnya sebelum dibongkar. "Kurangnya Rp 7 jutaan lagi lah, lagi pula memang ternyata rumah Rohayu ini tidak masuk daftar program rutilahu tahun ini," katanya.

Bupati Karawang Cellica Nurachadiana terkait itu mengatakan Pemda sejauh ini baru bisa bantu membangun 1.320 rutilahu dengan anggaran Rp 52 miliar per tahun, dan tahun ini juga baru diangka Rp 40 miliar dengan asumsi 1 desa 3 sampai 4 unit rumah. Kalaupun ada pihak-pihak yang mau bantu karena tergerak hatinya, pihaknya sebagai pemerintah berterimakasih, entah  itu dari CSR perusahaan atau dari perseorangan.

Apapun itu, sebut Cellica, karena ia baru bisa menganggarkan diangka Rp 50 miliar untuk tahun kemarin. "Menurut saya sah-sah saja asalkan niat kebaikannya untuk menolong orang, yang namanya bantuan harus disyukuri, manusia itu musti mensyukuri apapun dan lewat siapapun yang menolongnya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template