Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Purwakarta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Purwakarta

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Purwakarta

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA, RAKA - Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Pusnas RI) kian gencar melakukan sosialisasi, satu di antaranya melalui Sosialisasi Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang digelar di berbagai wilayah di Indonesia. Tak terkecuali di Kabupaten Purwakarta.

Pusnas RI menggandeng Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta menggelar sosialisasi serupa di aula lantai 3 Bank BJB Cabang Purwakakarta. Hadir dalam kegiatan tersebut para perwakilan desa, penggerak taman baca masyarakat, hingga para penggiat literasi di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta.

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional Indonesia Dra Adriati Zein M.Hum mengatakan, Pusnas RI memiliki berbagai strategi dalam meningkatkan minat baca masyarakat. "Sosialisasi ini sebagai bagian dari strategi tersebut. Selain itu, Pusnas RI juga menghadirkan aplikasi iPusnas yang menyediakan lebih dari 30.000 buku berbagai jenis dan judul. Aplikasi ini bebas diunduh di Playstore," kata Adriati, Rabu (25/7).

Dirinya menjelaskan, dengan membaca buku, baik secara konvensional maupun digital, diharapkan masyarakat tak hanya mengetahui pesan dari buku yang dibacanya itu. "Tapi juga apa yang bisa mereka hasilkan setelah membaca. Sebarapa jauh isi buku itu dapat menghasilkan sesuatu untuk perubahan hidupnya ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Misal, kata Adriati, seorang petani membaca buku terkait teknologi pertanian. "Usai membaca buku tersebut, petani itu mendapat ilmu dan wawasan baru yang kemudian diaplikasikannya sehingga dapat menambah produktivitas pertaniannya," kata dia.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Purwakarta Nina Meinawati. Sebagai tokoh penggerak literasi di Purwakarta, dirinya konsisten meningkatkan minat baca warga Purwakarta melalui berbagai program. "Salah satu hal yang dapat memicu minat baca adalah ketersediaan buku dan tempatnya yang nyaman. Kita gencar membuat pojok literasi di berbagai tempat, mulai dari kelas hingga tempat lainnya. Bahkan menurut Permendagri No 44 tahun 2016, kami juga bakal gencar membuat perpustakaan desa di tiap kantor desa dengan menggunakan alokasi dana dari ADD," ujarnya.

Nina berharap, dengan didukungan Pudnas RI, masyarakat semakin melek huruf dan otomatis dapat meningkatkan minat baca. "Sejak setahun terakhir minat baca warga kian meningkat. Dari situ juga bisa disimpulkan jika masyarakat semakin menyadari dengan  membaca bisa membuka segala-galanya dan membuat semakin paham dan mengerti," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template