Tiap Dapil Ada Keterwakilan Perempuan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tiap Dapil Ada Keterwakilan Perempuan

Tiap Dapil Ada Keterwakilan Perempuan

Written By Admin Raka on Rabu, 11 Juli 2018 | 18.00.00

KARAWANG, RAKA - Partai Politik (Parpol) harus mempersiapkan keterwakilan perempuan disetiap dapilnya sebanyak 30 persen untuk mengajukan calon anggota DPRD. Pasalnya jika hal itu tidak terpenuhi maka secara otomatis dalam satu dapil tersebut akan dicoret semuanya.

Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang, Asep Sugiharto menyampaikan itu kepada Radar Karawang, Selasa (10/7). "Keterwakilan disetiap dapil itu perempuan wajib ada. Misalkan ada 3 dan itu minimal 1 nya adalah perempuan. Jika tidak perempuannya dalam satu dapil semuanya di coret pencalonanya," katanya di ruang kerjanya.

Kata Asep, dalam masa pengajukan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang, untuk tahun 2019 mendatang, KPU sudah ingatkan agar Partai politik mempersiapkan betul-betul bakal calon yang akan diajukan. "Sampai saat ini baru ada dari Partai Perindo saja yang telah mendaftar ke KPU Karawang dan itu dilakukan, Senin (9/7)," katanya.

Kata Asep, dari aturan yang saat ini ada di KPU, bagi calon DPRD Karawang, syarat pengajuan bakal calon, yang pertama adalah surat pencalon yang ditandatangani pimpinan Parpol, daftar calon per dapil, ada surat pernyataan dari partai, dan fakta integritas. "Jika bakal calon yang sudah pernah divonis lebih 5 tahun penjara, maka pimpinan partai harus mengeluarkan fakta integritas," katanya.
Fakta integritas itu, terang Asep harus menyertakan keterangan keluar dari lapas, keterangan di media akan pengakuan kasus yang dilakukan dan bukti dari media minimal screenshot pengakuan dari media serta dicantumkan dalam riwayat hidup di calonnya.

Dari 6 dapil yang ada di Karawang lanjut Asep, jumlah kursi paling sedikit itu berjumlah 7 kursi. Sedangkan bagi para calon legislatif yang akan melakukan pendaftaran ke KPU, maka KPU akan membukanya sampai 17 Junli nanti hingga pada pukul 24.00 Wib. "Bakal caleg yang pernah dipenjara itu masih ditoleran, tapi kalau korupsi, wajib ditolak," katanya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template