Terminal Cikampek Perlu Perbaikan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Terminal Cikampek Perlu Perbaikan

Terminal Cikampek Perlu Perbaikan

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 14.30.00

Kondisi Terminal di Bawah Standar Tipe A

CIKAMPEK, RAKA - Keberadaan terminal tipe A di Kecamatan Cikampek masih semrawut. Hal itu bisa dilihat dari belum tertatanya fasilitas terminal secara rapi. Oleh karenanya untuk lebih memberikan kenyamanan rencananya dalam waktu dekat akan ada renovasi.

Pantauan di lapangan, mungkin hanya ada satu terminal tipe A di Indonesia yang akses masuk dan keluarnya melalui jalur yang sama. Karena idealnya, terminal apapun gerbang masuk dan keluar harus di jalur yang berbeda. Kondisi itu yang menjadi salah satu penyebab kenapa Terminal Cikampek tidak tertata dengan rapi, belum lagi kondisi dranase dan sampah yang ada membuat terminal terlihat kumuh.

Meski demikian, saat ini Terminal Cikampek sudah mulai berangsur membaik, karena sedikit-demi sedikit penataan mulai dilakukan, seperti pengakuan yang disampaikan oleh Aceng (40), Warga Kampung Cijalu, Desa Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek, yang merupakan salah satu penumpang. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, kondisi terminal sudah ada perbaikan. "Fasilitas Terminal Cikampek udah agak baikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena dulu di tempat ini banyak gundukan sampah, sekarang mah udah enggak. Ditambah lagi sekarang ada halte, toilet dan musala," ucapnya, Aceng (40) kepada Radar Karawang, Rabu (4/7) kemarin.

Selain itu, tambah Aceng, pelayanan di Terminal Cikampek kepada penumpang juga ada perbaikan. "Pelayanannya juga sudah mulai bagus," tuturnya.

Wakil Ketua Terminal Cikampek Dadang, menyampaikan, terminal yang ada di Indonesia dibagi dalam tiga tipe yaitu terminal tipe A, terminal tipe B, dan terminal tipe C yang telah dipisahkan kewenangannya menjadi milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah. Pembagian ini dilakukan berdasarkan UU no 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang hanya membagi berdasarkan kewenangan pengelolaan teminal. "Terminal Cikampek ini milik pemerintih pusat, karena tipenya A," ujarnya.

Ia menjelasakan, penentuan tipe dan kelas terminal dilakukan berdasarkan fungsi pelayanan, fasilitas pelayanan dan kewenangan. Berdasarkan fungsi pelayanannya, terminal penumpang diklasifikasikan ke dalam tiga tipe terminal hal itu mengacu pada PP RI No.43 tahun 1993. "Terminal penumpang Tipe A, yaitu berfungsi melayani kendaraan penumpang umum untuk angkutan antar kota antar provinsi, dan angkutan lintas batas antar negara, angkutan antar kota dalam propinasi, angkutan kota serta angkutan pedesaan," katanya.

Masih dikatakannya, jika dilihat dari klafikasi tersebut, kondisi Terminal Cikampek memang masih semarawut, adapun penyebabnya adalah karena berdekatan dengan Pasar Cikampek yang dipenuhi banyak aktivitas warga dalam menjalankan roda ekonomi. "Sebenarnya, Terminal Cikampek ini lagi masa pembenahan," tuturnya.

Sementara itu Koodinator Lapangan Terminal Cikampek Asep Haris mengatakan, dalam satu hari bisa mencapai 30 bus yang masuk ke terminal tersebut. Diantaranya Warga Baru, Agra Mas, Trans Bekasi dan Budiman. Demi terciptanya pelayanan yang maksimal, tidak ada retribusi yang ditarik, hal itu sesuai dengan aturan yang ada. "Tidak ada pungli," akunya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, mengingat kondisi Terminal Cikampek masih semarawut. Akan ada rencana untuk melakukan renovosi pembangunan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Perhubungan. "Rencananya bulan depan akan direnovasi," ungkapnya. (acu)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template