Tentara Siapkan Paskibra Surya Kencana - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tentara Siapkan Paskibra Surya Kencana

Tentara Siapkan Paskibra Surya Kencana

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 19.30.00

TEMPURAN, RAKA - Menjelang peringatan HUT Kemerdekaan 17 Agustus mendatang, sejumlah sekolah disibukkan mempersiapkan pasukan pengibar bendera, tanpa terkecuali SMAN 1 Tempuran. sebanyak 82 siswanya saat ini sedang bersiap-siap mengikuti pemusatan latihan yang akan dilakukan pada 5 Agustus mendatang. Selain berlatih selama 12 jam, siswa yang akan dikarantina ini digembleng untuk menguasai lapangan yang akan digunakan.

Ketua Paskibra Surya Kencana SMAN 1 Tempuran Iwan, mengatakan dirinya sudah dua kali jadi pasukan pengibar bendera. Kali ini, karena sudah senior dan duduk dikelas 3, maka ia bersama pelatih ikut menggembleng dan pembinaan saja bagi 82 siswa yang ikuti latihan dasar Paskibra dan pemusatannya nanti. Dari 82 peserta ini bisa dikatakan akan terjadi seleksi alam, dimana satu persatu berpeluang berguguran ketika ikut serta selama pelatihan. "Latihan paskibra itu sebenarnya menyenangkan asalkan serius dan disiplin. Ada kebanggan tersendiri saat berhasil mengibarkan sangsaka ke puncak teratas," ucapnya.

Pelatih Paskibra Surya Kencana SMAN 1 Tempuran, Pelda Agus Rahmat mengatakan sudah puluhan tahun rutin melatih persiapan Paskibra di SMA Tempuran ini. Ia mengaku akan memulai akhir Juli ini untuk latihan dasar-dasar baris berbaris. Baru pada 5 Agustus nanti siswa dilatih pemusatan langsung dilapangan, baik fisik, mental dan kemampuanya.

Selama 10 hari menjelang hari H, dia menganjurkan siswa berlatih mulai pukul 05.00 Wib - 17.00 Wib dengan keringanan pihak sekolah. Karena, selama pemusatan, biaya operasional dan konsumsi siswa selama pelatihan di cover pihak Kecamatan. Untuk itu, sebut Agus, siswa terus digembleng baik olehnya maupun para seniornya. "Yang ikut paskibra itu kita jamin, mereka mentalnya jadi lebih disiplin dan petarung," ujarnya.

Disinggung kendala, sebut Agus, sejauh ini tidak ada kendala yang signifikan selama pelatihan, hanya saja kurangnya kostum pengibar menjadi hambatan tersendiri. Sebab, inti dari upacara hari kemerdekaan itu adalah Paskibraka, artinya sangat tidak afdol upacara tanpa tampilan paskibra yang memukau dan menjadi pusat perhatian. Untuk itu, sebut Agus, ia berharap, penambahan kostum ini bisa diantisipasi Pihak Kecamatan dan semua masyarakat Tempuran yang memiliki tanggungjawab nasionalisme. " tinggal kostum saja, semoga ini bisa ada tambahan bantuan di hari H nanti oleh semua pihak," ucapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template