Tata Ruang Jalur Bisnis Tuparev Benahi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tata Ruang Jalur Bisnis Tuparev Benahi

Tata Ruang Jalur Bisnis Tuparev Benahi

Written By Admin Raka on Sabtu, 07 Juli 2018 | 18.15.00

KARAWANG, RAKA - Pembangunan yang berlangsung selama lima tahun terakhir berimbas terhadap perubahan tata ruang. Termasuk yang terjadi di sepanjang kawasan bisnis Tuparev. Karenanya sudah saatnya pemerintah daerah menata kembali ruang disepanjang jalur bisnis itu.

Seperti diutarakan Rizki Haris (36) pengamat masalah lalulintas warga Kecamatan Klari, Jumat (6/7). Diantara dampak paling serius adalah persoalan parkir. Meskipun Petugas parkir sudah melaksanakan pengaturan parkir dengan baik, akan tetapi tetap saja membuat jalan utama itu menyusut karena menggunakan bahu jalan sebagai area perparkiran.

"Pengunjung kawasan bisnis Tuparev tiap tahun bukannya berkurang tetapi semakin bertambah. Itu seiring dengan perkembangan kawasan perumahan yang terakses dengan Jalan Tuparev. Sementara jumlah kendaraan pun kian bertambah. Disisi lain semua pertokoan di kawasan tersebut tidak ada satunya yang memiliki tempat parkir," tandas Rizki.

Untuk itu, sebut Rizki, sudah saatnya pemda melakukan perubahan tata ruang di jalur Tuparev. "Warga yang datang berkunjung ke kawasan bisnis Tuparev sepertinya enggan terlalu jauh dari kendaraan. Mereka inginnya memarkirkan kendaraannya dekat dengan toko, sehingga ketika berbelanja tidak harus jauh menenteng barang. Itupun menjadi persoalan yang harus dijawab," tandas Rizki lagi.

Sementara, lanjut Rizki, peran tata ruang kota yang mendesain solusi agar masyarakat terutama yang menjadi konsumen nyaman pemilik toko pun nyaman, kalau sudah ramai seperti sekarang ini menurut Rizki memang sulit. Makanya dia menyebut itu dilema, juga bagaimana cara mengatasi persoalan kemacetan akibat bahu jalan digunakan untuk lahan parkir.

Pemilik toko alat-alat Olahraga di wilayah itu Ah huan Hian (38) menambahkan, dia tidak memungkiri pertokoan di wilayah Tuparev semakin ramai tiap tahunnya. Dirinya pun mengaku sampai saat ini kebutuhan parkir semakin membutuhkan perluasan. Sementara pemerintah daerah hanya memberikan kebijakan parking road yang diberi pembatas cat putih sebagai tanda areal tersebut bisa digunakan parkir kendaraan.

"Kami kerjasama dengan juru parkir agar bisa memarkirkan kendaraan konsumen. Kalau perihal retribusi yang berlaku kami tidak tahu, itu sih ada di ranah juru parkir. Kadang kami juga mengajak peran dan kerjasama juru parkir agar menyusun kendaraan lebih dekat dengan bahu jalan trotoar toko guna memberikan keleluasaan bagi pengguna jalan utama," ucapnya.

Sementara Didi (30) petugas parkir Jalan Tuparev, saat dimintai keterangan menyatakan perihal macet memang kerap terjadi. Dan pengaturan kendaraan semaksimal mungkin dilakukan sebaik mungkin agar tidak memakan bahu jalan berlebih hingga membuat kemacetan. "Biasanya kemacetan terjadi karena pengunjung membludak saja kok kang, biasanya di waktu-waktu tertentu saja, tapi kita semaksimal mungkin ngatur supaya lebih baik agar tidak macet," ucapnya.

Perlu disampaikan Jalan Tuparev salah satu jalan terpenting di Kabupaten Karawang. Selain sebagai ruas jalan utama jalan itu juga pusat perniagaan terbesar di kota Karawang. Sekitar 180 toko lebih saat ini berdiri disepanjang jalan yang memanjang sekitar 2-3 kilometer tersebut. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template