Tanggul Sungai Cilamaya Dipasang Bronjong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanggul Sungai Cilamaya Dipasang Bronjong

Tanggul Sungai Cilamaya Dipasang Bronjong

Written By Admin Raka on Kamis, 05 Juli 2018 | 16.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Akhirnya Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Jawa Barat tergerak juga untuk memperbaiki tanggul Sungai Citarum yang dijadikan jalan penghubung Dusun Barahan, Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan dengan dusun-dusun tetangganya. Jalan penghubung itu terputus setelah tanah tanggul yang jadi dasar badan jalan itu jebol. 

Data Radar Karawang menyebutkan, jalan yang dibangun menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2017 itu sempat mengalami patah menyusul berkeroaknya bagian bawah tanggul akibat penggerusan air sungai. Namun, tidak langsung diperbaiki hingga akhirnya ambruk dan terputus. Sementara bagian tanggul terus mengalami pengikisan sampai akhirnya jebol.

Warga sendiri sebetulnya sudah mendesak pemerintah setempat untuk segera memperbaikinya namun karena ranahnya berada di Jawa Barat akhirnya jadi terkesan berlarut-larut. Sementara BBWS sendiri saat ini melakukan perbaikan dengan membuat kawat bronjong dan bebaturan sudah tiga hari terakhir ini disepanjang 25 meter badan tanggul tersebut.

Kaur Trantib Desa Cilamaya Wahyu ditanya soal perbaikan tanggul itu mengatakan bebatuan sudah datang tiga hari terakhir, dimana dalam semalam ada sampai dua truk batu kali yang diturunkan di lokasi. Sementara untuk bisa sampai lokasi bebatuan bakal bronjol itu diangkut dengan menggunakan gerobak sampai lokasi putusnya tanggul melalui Gang H. Idris. "Bebatuan datang semalam dua truk, tidak tahu jumlahnya karena tidak ada laporan ke desa," katanya.

Lebih jauh Wahyu menambahkan ia tidak tahu kelanjutan akses jalannya yang terputus apakah dibetulkan lagi atau tidak, yang jelas mungkin akan dianggarkan kembali. Lagi pula, pihak BBWS tidak pernah melakukan koordinasi lebih lanjut kepada pihak Desa kaitan panjang dan material yang dibawanya untuk membenahi tanggul tersebut. "Tidak ada Rencana Anggaran Biaya (RAB) nya berapa meter panjangnya, jadi tidak bisa dihitung nilainya. Tetapi yang jelas kita mah ingin sampai tuntas saja," ucapnya.

Kades Cilamaya Kuswaedi mengatakan pihaknya hanya tahu bahwa material datang untuk membenahi tanggul yang sempat menyeret tanah tanggul meluas. Ada sekitar 5-7 truk Bebatuan diturunkan untuk Bronjong tanggul yang terputus tersebut. Tapi urusan pekerjaan dan anggaran hingga masa kerjanya, ia sama sekali tidak tahu menahu. "Ada 7 truk tapi tidak tahu sampai tuntas atau tidaknya pekerjaannya," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template