Tahun Depan DLHK Mau Sewa 64 Truk Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tahun Depan DLHK Mau Sewa 64 Truk Sampah

Tahun Depan DLHK Mau Sewa 64 Truk Sampah

Written By Admin Raka on Senin, 30 Juli 2018 | 19.00.00

KARAWANG, RAKA - Langkah yang ditempuh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk menutupi kekurangan 64 truk sampah dengan cara menyewa patut diacungi jempol. Dalam tiga tahun terakhir dinas yang mengurusi sampah selalu mengeluhkan kurangnya armada untuk membersihkan Karawang dari sampah, namun sampai saat ini juga permintan itu belum disanggupi pemerintah Karawang.

"Karawang itu idealnya memiliki 125 truk sampah, namun yang saat ini kita punya hanya 61 armada," ujar Kepala DLHK Karawang Wawan Setiawan kepada Radar Karawang, akhir pekan, kemarin. Untuk itu, terang dia, 2019 mendatang dinasnya berencana menyewa truk rental sebagai solusi kekurangan armada sampah.

Sampah-sampah itu, tambah Wawan, nantinya akan diangkut langsung menuju Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) Jalupang. Hingga saat ini sampah yang diproduksi Karawang sudah mencapai angka 920 ton sehari. Sementara keinginan DLHK untuk bekerja secara optimal masih terkendala minimnya armada sampah. "Sampah seberat 920 ton itu hanya bisa diangkut dengan 125 armada sampah, sedang yang kita punya sekarang ini cuma 61 armada," tandas Wawan.

Bahkan lanjut Wawan, selain jumlah armada yang terbatas kondisi truk-truk sampahnyapun sudah hampir tidak layak pakai. Sehingga dalam sehari hanya mampu mengangkut sampah 400 ton saja, sedangkan disatu hari itu masih menyisakan 520 ton yang masih belum terangkut ke TPS Jalupang. "Kekurangan armada sampah ini solusinya kami melakukan pengangkutan dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari. Jadi tidak heran dan harap dimaklumi jika di pagi hari masih ada sampah yang belum terangkut, karena kami angkut di sore hari, begitu seterusnya," ujarnya.

Adapunpun solusi dari Wawan sendiri, di tahun 2019 mendatang DLHK memutuskan akan bekerja sama dengan pihak ketiga. Sehingga masalah penumpukan sampah bisa dimaksimalkan dalam pengangkutannya, dengan cara merental mobil pengangkut sampah dari pihak lain. "Merental mobil saya rasa jauh lebih efektif dan efisien, karena kita tidak harus lagi mengeluarkan anggaran untuk biaya perawatan setiap bulannya. Merawat truk sampah itu bukan hal mudah, karena truk-truk itu digunakan untuk mengangkut sampah yang memang bisa membuat mobil cepat karatan dan rusak," terangnya.

Disebutkan Wawan saat ini pihaknya masih terus melakukan kajian dan penghitungan rencana merental mobil truk untuk mengangkut sampah. "Saat ini, anggaran sendiri kami masih akan lakukan penghitungan. Dan kamipun akan lakukan studi banding dengan Kota Bandung yang memang sudah menjalankan program rental truk sampah tersebut. Kami akan coba datangkan pengusaha rental truk dari Bandung agar dapat mengetahui seperti apa mekanisme nantinya," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template