Sudah Lama Sawah Tidak Ditanami Petani Cikalong Buat Tanggul - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah Lama Sawah Tidak Ditanami Petani Cikalong Buat Tanggul

Sudah Lama Sawah Tidak Ditanami Petani Cikalong Buat Tanggul

Written By Admin Raka on Selasa, 31 Juli 2018 | 18.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Kesal karena terlalu lama menunggu masuknya air ke sawah sejak tanggul saluran air di Tanjung Pasir, Desa Cikalong, Kecamatan Cilamaya Wetan rusak, saluran cacing yang amblas karena belum diturap, kompak dibuatkan tanggul manual dari karung-karung tanah oleh pemerintah desa.

Petani Desa Cikalong, Kecamatan Cilamaya merasa kesal. Sejak tanggul saluran air di wilayahnya jebol hingga sekarang tidak juga diperbaiki. Padahal selama ini petani mengandalkan air sawahnya dari saluran tersebut. Alhasil, tidak mau sawahnya jadi tanah kering puluhan petani bersama aparatur pemerintah setempat gotong royong membuat tanggul-tanggul karung.

Kades Cikalong, Lili Hermanto mengatakan, ia prihatin terhadap petani karena bendungan tanggul yang rusak parah masih belum disentuh perbaikan, sehingga airpun tidak bisa mengalir ke sawah-sawah mereka. Petani dan aparat pemerintah desa dilibatkan untuk gotong royong membuat tanggul karung berisi tanah dengan cara menyeberangi saluran sungai SS Blok Barat dari pinggiran Kali Bawah.

Tanggul di saluran cacing tersebut, jelas Lili bukan jebol tapi memang tanpa turap, karena yang bagus infrastrukturnya hanya didepannya sana. Untuk itu, harap Lili, ia meminta dinas terkait untuk bisa memperhatikan maksimal penanganan tersebut. Karena sementara, untuk membendungnya, puluhan perangkat dan petani rela membuat karung-karung tanggul sementara agar air bisa masuk optimal ke areal pesawahan.

"Gara-gara bendung tanggul yang rusak parah terpaksa petani gorong royong membuat tanggul-tanggul karung berisi tanah. Makanya, saya berharap supaya pemerintah terutama dinas terkait bisa memperhatikan kami," katanya. 

Lili menambahkan, pemerintah desa tidak muluk-muluk untuk meminta dinas terkait bisa menambah infrastruktur turap drainase dari pintu air sampai jalan kubupaten, khususnya yang memang  belum ada diturapnya. Minimal sebut Lili, sebelah barat saluran, karena kalau jebol maka sawah yang akan terdampak kebanjiran. "Kami berharap supaya dinas menambah turapnya dari pintu air sampai ke jalan kabupaten," ucap Lili.

Sementara itu, Kepala PJT Karawang Suwondo mengatakan, pihaknya apresiasi kegiatan gotong royong yang dilakukan masyarakat Tani Desa Cikalong. Soal tanggul yang memang jebol karena belum diturap, itu menjadi kewenangan Dinas PUPR. "Infrastruktur yang disana itu wewenang ranahnya PUPR," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template