Sudah Capek Bolak Balik KTP tak Kunjung Jadi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sudah Capek Bolak Balik KTP tak Kunjung Jadi

Sudah Capek Bolak Balik KTP tak Kunjung Jadi

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mengurus sendiri dokumen kependudukannya, meskipun dengan alasan pekerjaan dan sibuk. Apalagi dinas ini sudah mempermudah pengurusan dengan memerintahkan petugasnya jemput bola ke desa dan kelurahan. Baik melalui program sambang desa maupun kunjungan rutin seminggu dua kali.

Sayangnya, kebijakan ini ternyata masih dikeluhkan karena dinilai terlalu kaku. "Saya bolak balik mengurus E-KTP warga saya, tetapi sampai kini belum beres-beres.

Kadang saya juga tidak enak sama warga yang mengeluh sudah lama diurus tapi belum jadi juga karena yang bersangkutan mesti datang sendiri. Kalau warga yang nganggur tidak masalah karena waktunya banyak, tapi kalau yang kerja, kasihan kan mesti cuti," tandas Adang Ketua RT 06/03 Kampung Pancasila, Desa Sirnabaya kepada Radar Karawang Rabu (25/7).

Dirinya berharap pemerintah bisa mencari solusi terbaik agar persoalan pembuatan E-KTP bisa selesai secepatnya. Malah ada yang sudah mengurus lebih setahun tapi sampai sekarang belum selesai juga. Sehingga masih tetap menggunakan Surat Keterangan (Suket).

Kepala Urusan Pemerintahan Desa Sirnabaya Siti Fadilah menyampaikan warganya yang memohonkan E-KTP sudah terdata di data base cetak E-KTP. Namun setelah datang ke Disdukcapil nama warga tersebut tidak ada sehingga tidak mendapatkan E-KTPnya. "Saya kasihan kalau warga yang datang jadi bolak-balik. Saya malah merasa tidak enak khawatir mereka salah faham dan menyangka kami tidak melakukan tugas kami. Padahal kami juga sudah konfirmasi ke pihak kecamatan dan diakui kalau kecamatan juga sudah melakukan rekam data dan ada foto warga kami," tandasnya.

Untuk itu, Siti berharap Disdukcapil dan pemerintah desa dan kecamatan bisa sinergis, sehingga tidak saling lempar tanggung jawab. Dirinya pun merasa kasihan ke warga mereka mesti bolak - balik untuk mempertanyakan kinerja pemerintah akhirnya. Padahal secara terperinci di desa sudah melaksanakan kewajiban sebagaimana mestinya dalam pengajuan pembuatan El-KTP, terlebih bagi pemula.

Kades Sirnabaya Ir. Masuran melalui Sekdes Deni Rukmana SE terkait itu menyampaikan E-KTP amat dibutuhkan terlebih untuk pemilihan calon legislatif yang akan segera digelar. Karenanya, dia berharap jangan sampai ada kebuntuan birokrasi sehingga buntutnya merugikan masyarakat. "Warga cuma mengharapkan kepastian sehingga tidak bolak balik menanyakan dokumen kependudukannya," tegas Rukmana. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template