SMKN 1 Cilamaya Jemput Siswa Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMKN 1 Cilamaya Jemput Siswa Baru

SMKN 1 Cilamaya Jemput Siswa Baru

Written By Admin Raka on Senin, 23 Juli 2018 | 17.15.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Hari ini (23/7) siswa baru memulai kegiatan belajar mengajar (KBM). Sehari sebelumnya, sebanyak 340 siswa baru SMKN 1 Cilamaya menggelar kegiatan perkemahan diakhir pekan dan simbolisasi masa jemput tamu di komplek Sekolah berstatus ketarunaan tersebut.

Wakasek Kesiswaan SMKN 1 Cilamaya Mashanudin S.Pd mengungkapkan, pramuka esktrakulikuler wajib dalam Kurikulum 2013 (Kurtilas). Karena itu, setelah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilangsungkan 3 hari terakhir, kegiatan Kepramukaan yang dikomandoi OSIS dan pengurus Eskul Kepramukaan melanjutkan materi terakhir setelah sebelumnya menginapkan para siswa di tenda-tenda dan ruangan kelas serta menerima materi dan pembinaan kepramukaan sesuai dengan panduan SKU dan SKK.

Sehingga, usai penguasaan materi dan jurit malam penjelajahan, para siswa ini secara simbolis diberikan tanda kehormatan ambalan dan diterima secara resmi di SMK yang berlokasi di Desa Sukatani Kecamatan Cilamaya Wetan ini. "MPLS kita tuntas, karena lewat proses itu para siswa bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dengan optimal, selebihnya kita lebih melatih muatan lokal di Eskul Pramuka ini digelar perkemahan," katanya.

Mashudin menambahkan, dari 340 siswa baru tersebut, siswa yang masuk Kompetensi keahlian Agrisbisnis perikanan sebanyak 30 siswa atau 1 Rombel, kemudian TPHP 2 kelas,  TKR 4 kelas, TKJ 2 kelas dan TEknik Pemesinan 3 kelas. Sejak MPLS, pengelompokan kelas ini sudah dilakukan masing-masing agar adaptasi bisa lebih cepat dan baik antar jurusan.

Disamping juga untuk pengenalan lingkungan sekolah dan materinya yang harus diserap, baik dari Polsek Cilamaya, TNI, Kecamatan, Dewan Komando Ranting (DKR) maupun oleh Kepsek dan para guru-guru yang akan mengajarnya nanti selama di sekolah. "Kita ingin siswa betah, maka adaptasi harus dilakukan, tertib dan disiplin itu harapan kita, makannya kita undang pemateri dari luar seperti Kepolisian dan DKR," katanya.

Sehabis melaksanakan MPLs dan masa perkemahan dengan diisi beragam perlombaan dan pentas seni hingga demo ekstrakulikuler SMKN Cilamaya kepada para siswa baru, Sabtu siang, para siswa sudah boleh kembali kerumahnya masing-masing beristirahat. Karena Senin ini, selain akan diserahkan simbolis sertifikat MPLS sebagai wujud apresiasi, juga akan dikenakan seragam Ketarunaan selama mengenyam pendidikan di SMKN 1 Cilamaya ini.

Begitupun dengan kelas XII dan XII, karena status sekolah adalah Ketarunaan, maka disiplin perilaku dan seragam harus mencolok. Sehingga, tidak boleh ada rambut yang berantakan dan pakaian taruna yang kurang atribut seperti tanda pangkatnya. Diharapkan, para siswa baru yang akan mengisi 10 Rombel kelas ini bisa betah dan tertib selama mengenyam pendidikan di SMK ini, dan kepada para seniornya, sebut Masha, semoga bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi para siswa baru. "Semoga semuanya tertib dan fokus belajar, yang baru betah dan yang lama memberi contoh yang baik," harapnya.

Kepala SMKN 1 Cilamaya, Hj Mutia Purnamawati M.Pd mengatakan, pihak sekolah sangat mengapresiasi keikutsertaan para siswa baru mengikuti MPLS dan Kepramukaan dengan semangat selama sepekan terakhir. Menerima ratusan siswa baru baginya adalah titipan yang harus dijaga dan dicetak agar bisa menjadi pribadi dan lulusan yang baik serta berprestasi. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template