Siswa SMKN 1 Purwakarta Dilatih TNI - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMKN 1 Purwakarta Dilatih TNI

Siswa SMKN 1 Purwakarta Dilatih TNI

Written By Admin Raka on Sabtu, 14 Juli 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Sebanyak 33 pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Purwakarta mendapatkan pendidikan bela negara selama 15 hari di Resimen Armed 2/1 Kostrad. Tujuanya tidak lain agar dapat tumbuh sikap rela berkorban, tolong menolong serta toleransi dan nasionalisme didalam diri siswa dan siswi tersebut.

"Di sisi lain, juga untuk meningkatkan karakter siswa baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Termasuk menangkal paham radikal pada generasi muda," ujar Wakil Kepala Sekolah bidang kesiswaan SMKN 1 Purwakarta, Aang Sabar Nugraha, saat menjemput para pelajarnya Jumat (13/7).

Dia menilai, kegiatan bela negara ini cukup positif untuk dikembangkan. Apalagi, saat ini banyak generasi muda yang mengalami degradasi moral. "Dengan pendidikan semi militer di lingkungan sekolah, kepercayaan diri siswa akan meningkat," ungkap Aang.

Sementara ditempat yang sama, Komandan Resimen Armed 2/1 Kostrad, Kolonel Arm Yuniar Dwi Hantono mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian pembinaan untuk menggembleng semangat adik-adik, untuk rela berkorban, cinta tanah air dan bertanggung jawab. Agar mereka lebih berhasil dalam pendidikan sekolah dan memiliki mental-mental disiplin untuk sukses dalam pendidikan. "Sebagai generasi muda, tentunya jiwa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa serta negara tidak boleh kendur, tapi harus lebih terpatri dalam diri sendiri untuk terus mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), karena mereka akan menjadi tulang punggung Indonesia di masa mendatang," ujar Yuniar.

Belakangan ini, terkesan wawasan kebangsaan dan kenegaraan maupun jiwa nasionalisme di kalangan generasi muda, khususnya pemuda seteingkat SMA/SMK mulai terkikis sejalan dengan era globalisasi serta kemajuan teknologi. Menurut Danmen, seharusnya tak perlu terjadi bila mereka sejak dini sudah ditanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa ini karena masa depan Bangsa Indonesia ada dipundak generasi muda. “Kegiatan diklat bela negara ini diharapkan dapat menjadi contoh serta mengajak pelajar lain untuk terus memiliki tekat yang kuat meraih pendidikan tinggi dan aktif berkiprah dalam pembangunan bangsa,” pungkasnya.(gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template