Siswa SMK Taruna Sakti Dilatih Anggota TNI - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMK Taruna Sakti Dilatih Anggota TNI

Siswa SMK Taruna Sakti Dilatih Anggota TNI

Written By Admin Raka on Rabu, 25 Juli 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA, RAKA-  Pendidikan ala militer biasanya diwajibkan bagi SMK untuk keahlian penerbangan dan pelayanan. Namun bagi SMK Taruna Sakti Purwakarta yang memiliki program keahlian broadcasting, teknik kendaraan ringan, hingga teknik mesin dan akutansi, pelatihan ala militer menjadi sarana pendidikan karakter.

Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya mengatakan, masa bimbingan taruna (Mabintar) dilaksanakan bagi siswa baru selama satu pekan di Bataliyon Armed 9 Pasopati Kostrad. Program ini untuk membentuk karakter siswa yang tangguh dan cinta bangsa untuk mendukung pendidikan nasional. "Masa bimbingan taruna ini, ternyata juga disukai dunia usaha. Sebab, anak-anak jadi terbangun kedisplinan dan tanggung jawab. Karena itu, pendidikan taruna wajib buat siswa yang baru masuk ke SMK Taruna Sakti Purwakarta," ujarnya, saat ditemu usai pembukaan Mabintar angkatan ke 4 di Markas Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad Purwakarta, kemarin.

Intinya, para taruna ini akan menjadi siswa yang bertakwa, disiplin, bertanggung jawab, selalu gigih mencapai kompetensi, mengormati guru dan orang tua, hingga cinta bangsa dan negara RI. "Nilai-nilai yang ditanamkan pada siswa selama mengikuti pendidikan ketarunaan, harus terus diamalkan. Kami yakin, pendidikan ketarunaan ini memberi bekal pendidikan karakter yang berguna buat siswa di sekolah maupun di dunia kerja nanti," katanya.

Sementara Wadanyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Gerry Herlambang mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan wawasan kebangsaan kepada peserta, agar tertanam jiwa nasionalisme dan patriotisme serta timbul kesadaran mereka sebagai generasi penerus bangsa. "Dalam kegiatan ini, kita juga meningkatkan sikap, mental dan kedisiplinan serta keimanan atau ketaqwaan para peserta sebagai bekal dalam menjalankan kehidupan sehari hari," katanya.

Diketahui, Acara pembukaan Mabintar terasa haru saat perwakilan taruna disematkan tanda ikut kesertaan yang disematkan langsung oleh Wadanyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Gerry Herlambang yang didampingi Kasi Intel, Kapten Arm Setia Senjaya dan kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template