Siswa SMK Perbankan Gemari Tari Jaipong - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMK Perbankan Gemari Tari Jaipong

Siswa SMK Perbankan Gemari Tari Jaipong

Written By Admin Raka on Kamis, 26 Juli 2018 | 17.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Kesenian tradisional jaipongan terus menghiasi setiap pergelaran ataupun acara yang diadakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perbankan Indonesia. Selain angklung, kesenian tari jaipong menjadi maskot yang akan tetap dilestarikan di sekolah ini.

Menurut Rosalia, jaipong merupakan kesenian yang ia gemari dibanding ekskul lainnya. Sebelumnya, memang tak pernah ikut atau hanya sekedar menonton. Namun kali ini setelah di SMK Perbankan, ia mengaku salah satu siswa yang antusias terhadap kesenian Sunda ini. "Baru sekarang suka nari, karena suka aja," katanya, kepada Radar Karawang.

Kegemarannya ini, ia ungkapkan dari sisi etika dan kesopanannya, khususnya dalam berbusana dan tatakrama yang harus di bawa oleh seorang penari. Dan yang paling penting. Saat ini setiap kali akan ditampilkan jaipong, antusias siswa pasti bertambah. "Kesenian yang sopan dan menuntut kita untuk terus bertingkah santun. Apalagi, saat ini kerasa banget. Setiap penampilan jaipong pasti banyak
peminat dan penontonnya. Artinya, jaipong ini sudah mulai kembali digemari kaum muda," katanya.

Ditambahkan siswi lainnya, Arin Triana, bukan perkara mudah berlatih seni tari jaipong, karena sesekali ia pernah mencoba belajar otodidak, namun kerepotan karena gerakannya yang cukup rumit. "Sekarang enak ada pelatih, hobi saya jadi bisa tersalurkan," ucapnya.

Sementara menurut Rini, memanfaatkan waktu luang untuk berolahraga memang sulit. Dan dirinya merasa senang ketika hobinya ini ternyata cukup menguras tenaga. "Selain harus lentur, kita juga meski punya stamina yang kuat," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template