Sistem Pengelolaan Sampah Lingkungan Tingkatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sistem Pengelolaan Sampah Lingkungan Tingkatkan

Sistem Pengelolaan Sampah Lingkungan Tingkatkan

Written By Admin Raka on Senin, 16 Juli 2018 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Sistem pengelolaan sampah ditingkat lingkungan perlu ditata dan terkoordinasi secara komprehensif. Selain itu tanggung jawab untuk pengelolaan sampah perlu didefinisikan dengan jelas, sehingga peraturan-peraturan mengenai sampah bisa teraplikasi secara optimal.

Hal itu diungkapkan Pemerhati Masalah Lingkugan dan Kesehatan Dian Varima, belum lama ini. Untuk itu dia menandaskan praktek dan stretegi perlu direncanakan secara baik dengan penekanan kepada pengurangan sampah pada sumbernya. "Meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai sampah perlu dilakukan. Hal itu diperlukan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah," ucap Dian.

Selain itu, Dian juga menilai perlunya dukungan dari kalangan legislatif disamping administratifnya juga mesti diambil untuk mendorong penggunaan produk daur ulang. Kendati demikian Dian juga memastian penegakan hukum secara tegas menjadi hal penting untuk dilakukan. "Hukum yang ketat sangat diperlukan untuk membuat pemerintah dan masyarakat mengikuti norma prilaku dan praktek ramah lingkungan," tandasnya.

Masih dikatakan Dian, kualitas pengelolaan sampah merupakan indikator yang sangat penting dari penampilan sebuah kota. Indikator ini jadi teramat jelas untuk mengatakan seperti apa kebijakan pemerintah daerah di daerah bersangkutan. "Marilah kita secara bersama-sama menanam benih hidup yang berkualitas bagi generasi masa depan. Pengelolaan sampah yang berkelanjutan tidak hanya memecahkan masalah untuk waktu 10 tahun, 20 tahun bahkan 50 tahun tetapi juga tentang investasi jangka panjang untuk masa depan generasi kita," tegas Dian.

Diterangkan Dian juga, setiap kemajuan dalam daur ulang akan cepat hilang apabila masih tetap merajalelanya sampah. Oleh karena itu kunci keberhasilan pengelolaan sampah adalah bagaimana mengurangi sampah pada sumbernya. Untuk itu pemerintah bekerjasama dengan berbagai industri dalam mengurangi sampah sisa produksi patut dilakukan.

Begitupun kerjasama dengan produsen makanan dan minuman untuk mengurangi kemasan ataupun mengurangi ukuran kemasan menjadi lebih kecil serta dapat didaur ulang. Kemudian juga melakukan kampanye setiap bulan kepada masyarakat untuk membawa tas daur ulang saat berbelanja dan menggunakan lebih sedikit kantong plastik dalam setiap belanjaan. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template