Siak Desa Harus Terkoneksi ke Kabupaten - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siak Desa Harus Terkoneksi ke Kabupaten

Siak Desa Harus Terkoneksi ke Kabupaten

Written By Admin Raka on Sabtu, 28 Juli 2018 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Aplikasi Siak Desa mandiri (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Desa) yang diinisiasi Sekertaris Desa Wanayasa, Ikhsan Firmansyah mendapat apresiasi dari Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso.

Menurutnya, setiap inovasi harus diapresiasi dan didukung, apalagi untuk meningkatkan layanan pemerintah desa kepada masyarakat. "Dalam era e-goverment ini, Siak Desa yang diinisiasi oleh Sekdes Wanayasa perlu didukung dan dikoneksikan dalam sistem kependudukan yang saat ini sudah ada di kabupaten," ujar Taufiq, Jumat (27/7).

Ia melanjutkan, software ini bagus untuk mengolah database kependudukan tersebut dibuat untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan data digital yang berhubungan dengan kependudukan, statistik masyarakat desa berupa data warga dari mulai usia, pendidikan, pekerjaan, tingkat ekonomi, pindah keluar, pindah datang, kelahiran termasuk informasi terkait desa, dan hal tersebut dapat dikerjakan hanya dengan satu atau dua kali Klik. "Ini sangat bagus dan harus kita dukung, sebagai bagian juga dari database Podes (Potensi Desa) yang sudah mulai ditinggalkan," ujarnya.

Sebelumya, Ikhsan Firmansyah yang merupakan Sekdes Wanayasa membuat software untuk pengolah database kependudukan. "Program yang diberi nama Siak Desa mandiri ini dikerjakan dan dikembangkan bersama dengan salah satu ahli teknologi informasi yang sudah puluhan tahun bergelut dalam bidang program-program komputer yaitu Wawan Dahlan pemilik Smart Solution Company yang juga pemerhati bidang kemasyarakatan khususnya desa," ujar Ikhsan yang juga inisiator Balanja di Warung tatangga.

Ikhsan mengatakan, nanti kebutuhan-kebutuhan data digital yang berhubungan dengan kependudukan, statistik masyarakat desa berupa data warga berdasarkan usia, pendidikan, pekerjaan, tingkat ekonomi, pindah keluar, pindah datang, kelahiran termasuk informasi terkait desa, dapat dikerjakan hanya dengan satu atau dua kali Klik.

"Program ini juga dapat menangani urusan administrasi Desa semacam surat menyurat serta pelayanan surat keterangan yang biasa dilayani oleh Desa, nantinya kita tidak lagi secara manual mengetik data warga ketika melayani surat keterangan, hanya tinggal pilih data warga berdasar NIK lalu pilih kebutuhan suratnya apa, selesai, tinggal print dan ditandatangani Kepala desa atau perangkat desa yang biasa melayani," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template