Sewa Traktor Naik, Modal Petan Meningkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sewa Traktor Naik, Modal Petan Meningkat

Sewa Traktor Naik, Modal Petan Meningkat

Written By Admin Raka on Minggu, 29 Juli 2018 | 13.00.00

RAWAMERTA, RAKA- Di saat harga padi mulai stabil berkisar di Rp 4,8 juta per ton, di sisi lain harga kebutuhan atau permodalan yang harus dikeluarkan petani merangkak naik meskipun tak terlalu signifikan. Salah satunya dalam pengolahan tanah, harga sewa traktor naik Rp 50 ribu menjadi Rp 950 ribu.

Di katakan salahsatu petani penggarap, Sueb (33), harga penjualan padi memang di angka stabil untuk saat ini. Mulai dari Rp 4200 hingga Rp 4800 perkilogram. Namun untuk masa tanam mendatang, berbagai kebutuhan tanam mulai naik. "Harga traktor per hektare biasanya Rp 900 ribu, sekarang Rp 950 ribu, tandur Rp 1 juta per hektare, belum lagi pingpok dan lainnya," keluhnya.

Menurutnya, keuntungan petani seharusnya bisa lebih besar saat ini, lanjut dia, itupun jika harga kebutuhan tidak mengalami kenaikan. Namun apalah daya, jidat petani terpaksa kembali di kerutkan mendengar kabar kenaikan tersebut. "Harga padi lumayan, ganti modalya nambah besar. Kayanya bagi petani kecil mah susah untuk senyum," ujarnya pasrah.

Di tempat berbeda, salah satu PPL Kecamatan Rawamerta, Suhaebah mengatakan, jika kebutuhan petani dalam pengolahan tanah memang di nilai penting, karena akan berdampak kepada pertumbuhan padi tersebut. Namun untuk masalah kenaikan harganya ia tak tahu pasti, karena itu sesuai kesepakatan antar petani di masing-masing daerah. "Kalau masalah kenaikan harga itu kesepakatan petani," katanya.

Yang pasti, lanjut dia, petani harus benar-benar teliti dalam melakukan pengolahan tanah untuk persiapan tanam. Agar perkembangan hama dapat dikontrol. "Pengolahan tanah salah satu persiapan yang harus di perhatikan oleh petani," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template