Setelah Ditangkap, Petugas Pakir Liar Dibebaskan Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Setelah Ditangkap, Petugas Pakir Liar Dibebaskan Lagi

Setelah Ditangkap, Petugas Pakir Liar Dibebaskan Lagi

Written By Admin Raka on Sabtu, 14 Juli 2018 | 11.00.00

PURWAKARTA, RAKA- Setelah sempat ditangkap pihak Kepolisian Polres Purwakarta, empat pemuda asal Kecamatan Maniis, yang diduga telah melakukan pungutan liar di Kawasan Wisata Waduk Cirata, kini kembali dibebaskan setelah menginap semalam di Polres Purwakarta. Bebasnya empat pemuda tersebut bukan tanpa syarat, mereka wajib membuat surat pernyataan untuk tidak akan mengulangi perbuatan serupa.

Kasat Reskrim Polres Purwakarta, AKP Agta Bhuwana Putra, mengatakan, selama berada di Polres Purwakarta, ke empat tersangka melalui beberapa proses sebelum akhirnya kembali dibebaskan. "Para tersangka telah kami periksa, selanjutnya dibina dan dibuatkan surat pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatan mereka yang dianggap meresahkan warga," kata Kasat Reskrim, kepada awak media.

AKP Agta Menambahkan, jika para tersangka mengulangi perbuatannya, maka pihak kepolisian akan menangkap serta menjerat mereka dengan pasal 368 Kuhpidana dengan ancaman hukuman maksimal 15 Tahun Penjara. "Bagi siapa saja yang merasa jadi korban para pelaku tindak pidana pungli atau pemerasan silahkan segera melapor kepada pihak kepolisian, maka kami akan segera menindaknya," paparnya.

Sebelumnya, empat pemuda asal Desa Palumbon, Desa Maniis, Purwakarta, yaitu Dd (18), EM (38), Jm (16) dan In (48), diamankan polres Purwakarta, pada Rabu (11/7) lalu lantaran diduga kerap membuat resah para pengunjung Kawasan Waduk Cirata dengan memaksa meminta pungutan parkir secara liar. Awalnya, juru parkir diduga ilegal yang lebih mirip tukang palak di kawasan wisata itu, videonya sempat viral di medsos. Dalam video tersebut sang oknum nampak memaksa sejumlah pengunjung memberikan uang parkir. Bahkan hingga mengusir pengunjung.

Kanit Jatanras dan kriminal  Polres Purwakarta, IPDA Putra Adi dalam keterngannya mengatakan, penangkapan ini berdasarkan hasil laporan yang viral dimedsos terkait pemalakan pengunjung atau pengendara yang sengaja menikmati pemandangan diwilayah PLTA Waduk Cirata. "Dari pemeriksaan awal masih kita dalami memang tidak ada legalitasnya, itu hanya pemalakan liar," ujarnya kepada awak media.

Sementara, juru parkir yang videonya viral dimedsos diketahui berinisial EM (38). Saat diminta keterangan awak media dia mengaku awalnya minta jasa parkir Rp5 ribu kepada pengunjung tersebut, namun pengunjung itu malah nunjuk kendaraan lain yang tengah mogok. Karena khawatir emosinya terpancing, dia pun menyuruhnya untuk pergi.

"Saat saya minta jasa parkir kepada pengunjung itu, malah pengunjung itu nyuruh saya untuk minta jasa parkir motor lain yang sedang mogok, dari pada saya terpancing emosi mendingan suruh pulang ajah, kalau didepan rumah gak bakalan saya pinta karcis parkir," ujarnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template