Sekdes: Siapa yang Buang Sampah yang Cium Baunya Siapa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekdes: Siapa yang Buang Sampah yang Cium Baunya Siapa

Sekdes: Siapa yang Buang Sampah yang Cium Baunya Siapa

Written By Admin Raka on Kamis, 19 Juli 2018 | 14.00.00

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Kesadaran masyarakat membuang sampah di tempatnya masih rendah. Itu bisa dibuktikan dari tumpukan sampah di pinggir Jalan Raya Peruri, Desa Telukjambe, Kecamatan Telukjambe Timur. Meski sudah jelas tertulis spanduk larangan buang sampah di lokasi tetapi tetap saja sampah dibuang disitu.

"Saya setiap hari membakar sampah disini supaya tidak menebarkan bau busuk. Saya prihatin, kesadaran masyarakat sampai sekarang masih rendah. Padahal kalau bau kan yang merasan mereka-mereka juga," ucap Benny (43) pengurus ruko tidak jauh dari lokasi pembuangan sampah liar itu kepada Radar Karawang, Rabu (18/7).

Dikatakan Benny, kondisi lebih parah ketika belum ada spanduk larangan buang sampah di lokasi. Warga merasa lokasi itu seperti TPS beneran sehingga ramai-ramai membuang sampahnya ke lokasi. "Setelah ada spanduk sampahnya mulai berkurang karena yang buang sampah pun makin sedikit," ujar Benny.

Benny menyebutkan jenis-jenis sampah yang sering terlihat di sekitar lokasi seperti buah jeruk atau buah naga yang buahnya busuk dibuang di tempat itu. "Padahal di dalam poster larangan buang sampah juga sudah ditulis jika kedapatan buang sampah akan dikenakan sanksi admistrasi sebesar Rp 200.000 biar ada rasa kapok bagi yang masih membuang sampah sembarang terutama di pinggiran jalan utama itu," katanya.

Hal senada ditegaskan Sekdes Sirnabaya Deni Rukmana SE, sampah selalu menjadi persoalan rumit dalam masyarakat yang kurang memiliki kepekaan terhadap lingkungan. Ketidakdisiplinan mengenai kebersihan dapat menciptakan suasana yang tidak menyenangkan akibat timbunan sampah. Menurut dia, kondisi seperti itu tidak cukup  menyenangkan karena akan memunculkan bau tidak sedap dan menjadi sumber penyakit.

"Timbunan sampah bukan cuma tidak enak dipandang tetapi juga berbagai penyakit bisa muncul dari tempat sampah itu. Makanya saya berharap bisa bekerjasama dengan warga untuk mengawasi siapa yang sering buang sampah di bahu jalan. Soalnya ini bikin kesal juga, yang buang sampah tidak memikirkan siapa yang cium baunya siapa," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template