Sekdes dan Kades Beda Pandangan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sekdes dan Kades Beda Pandangan

Sekdes dan Kades Beda Pandangan

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 15.00.00

KOTABARU, RAKA - Berbeda dengan beberapa desa di Kecamatan Kotabaru, Desa Pucung sudah mencairkan bahkan merealisasikan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2018. Adapun dana tersebut digunakan untuk membangun jalan lingkungan (jaling) dan jalan setapak (japak) di beberapa dusun.
Anehnya, antara sekretaris desa dan kepala desa memiliki perbedaan pernyataan terkait anggaran dana desa tahap pertama yang sudah dicairkan. Sekdes menyebutkan Rp120 juta dan Kades menyebutkan Rp180 juta.

Julaeha, Sekretaris Desa (Sekdes) Pucung menyampaikan, sudah melakukan pencairan 20% dana desa tahap pertama sebesar Rp120 juta. Dana tersebut dialokasikan semua untuk pembangunan jaling di lima dusun yang ada di Desa Pucung. Ada lima titik jaling yang dicor, antara lain  di Bakan Tambun RT02/08, Karang Salam Utara, Karang Salam Selatan, Krajan dan Sukamulya. "Saat ini sudah direalisasikan semua, bahkan laporannya juga sudah ada," ujarnya.

Namun, ketika ditanyakan rincian detail dana tersebut, ia mengaku bahwa saat ini ada aturan yang melarang data tersebut diperlihatkan kepada publik. "Mohon maaf tidak bisa diperlihatkan, beberpa waktu lalu pas saya ikut rapat Apdesi ada ketentuan bahwa untuk laporan dana desa tidak boleh diperlihatkan, kecuali sama orang kecamatan," akunya.

Hj Euis Kuraesin, Kepala Desa Pucung mengatakan, Desa Pucung tidak terkendala dengan adanya program Sitem Keuangan Desa (Siskeudes) atau Padat Karya. Saat ini Pucung sudah melakukan pencairan dana desa tahap pertama bahkan sudah direalisasikan. Pencairan dana desa tersebut dialokasikan semua untuk pembangunan jaling dan japak. Selama ini BPD juga mengetahui karena sebelum pelaksanaan pihaknya mengadakan rapat dengan BPD. "Pucung alhamdulillah sudah pencairan dan sudah direalisasikan, jumlahnya Rp180 juta tidak saya kurangi atau lebihkan. Dananya digunakan untuk pembangunan jaling dan japak, datanya ada semua di bagian ekbang, bahkan sudah dimonitoring juga dari pihak kecamatan," jelas Euis melalui ponselnya.

Carya Bahrudin, Ketua BPD Pucung juga membenarkan bahwa dana desa teresebut dialokasikan untuk pembangunan jaling dibeberapa dusun. "Iya saya tahu, BPD wilayah dusun masing-masing juga selalu mengawasi dan menghadiri," singkatnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template