Sehari Layani 400 Pasien BPJS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sehari Layani 400 Pasien BPJS

Sehari Layani 400 Pasien BPJS

Written By Admin Raka on Kamis, 19 Juli 2018 | 17.15.00

TELUKJAMBE, RAKA - Pelayanan BPJS di lingkungan RSUD Karawang sudah menggunakan sistem online. Namun hingga saat ini belum dikatakan kebutuhan mendesak, apalagi untuk memangkas antrean yang terjadi setiap hari di depan meja pelayanan BPJS di rumah sakit itu.

"Selama ini kami bisa tangani dengan baik, cepat dan terarah sehingga menghasilkan pelayanan maksimal agar masyarakat bisa mendapatkan pengobatan secepatnya," pungkas petugas verifikasi center BPJS di RSUD Karawang Risa Sukma, kepada Radar Karawang.

Sukma tidak menampik jika jumlahnya mencapai ratusan tetapi semua bisa terlayani dengan cepat. Apalagi petugas yang melayani juga tidak sedikit, sehingga kalaupun ada antrean paling hanya hitungan menit. "Sehari bisa mencapai 400 pasien yang perlu pelayanan BPJS. Jumlah itu tersebar hampir di semua poli dan selama ini tidak ada kendala dalam pelayanan," tandas Risa lagi.

Siti (60) warga Perum Alam Telukjambe ditanya soal pelayanan BPJS di RSUD mengatakan antreannya memang terjadi tapi tidak lama. Malah dia mengaku antre cuma 10 menit sebelum mendapatkan persetujuan BPJS. "Saya antre cuma 10 menit kurang lebih. Setelah langsung ke loket pendaftaran dan itupun tidak lama karena jumlah loket yang melayani ada lima. Jadi cepat," ucap Siti.

Siti mengaku ke RSUD untuk menjalani terapi trauma tulang di Poli Tulang. Layanannya tidak menomorduakan peserta BPJS. Bahkan, untuk kategori rumah sakit pemerintah, sistem pelayanan yang dibangun cukup modern. Siti datang pukul 08.00 WIB dan sekitar pukul 09.30 sudah bisa kembali ke rumah. “Dari tadi sudah selesai, tinggal nunggu jemputan saja,” ungkap Siti.

Menurut dia, pelayanan sekelas itu layaknya rumah sakit swasta besar. Mulai pendaftaran, pemeriksaan pasien, terapi, hingga penebusan obat dilakukan secara cepat. Pasien sama sekali tidak diribetkan dengan sejumlah prosedur administrasi. Proses pendaftaran untuk peserta BPJS hanya butuh waktu 10.menit. Datang ke sana, Siti hanya perlu membawa surat rujukan, KTP, dan kartu keluarga. Ia tidak mengantre dari pagi hari  untuk mendapatkan nomor antrean sebagaimana di rumah sakit lain. “Saya cuma bilang sama perawat mau terapi untuk anggota BPJS lama, diarahkan ke mesin pengambilan nomor, lalu tinggal duduk di depan ruangan praktik dokter. Lalu dipanggil lewat alat pengeras suara,” jelas Siti.

Andri (32) Warga Kali asin Kecamatan Kota Baru, pasien lainnya, merasakan kepuasan serupa. Saat ia datang membawa anaknya ke kamar instalasi gawat darurat (IGD), pihak rumah sakit segera menolong, baru setelah terlayani, datang perawat mengurus administrasi. “Anak saya diare akut. Saya tidak bawa rujukan dari puskesmas, langsung ditangani,” cetusnya.

Meski anaknya tergolong pasien baru peserta BPJS, prosedur pendaftarannya tidak butuh waktu lama. Bila dihitung, lanjut Andini, hanya butuh waktu 20 menit untuk melakukan rekam medis di tempat pendaftaran. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template