Sederhana Tapi Mempesona, Taman Baca Klug Suguhkan Aneka Bacaan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sederhana Tapi Mempesona, Taman Baca Klug Suguhkan Aneka Bacaan

Sederhana Tapi Mempesona, Taman Baca Klug Suguhkan Aneka Bacaan

Written By Admin Raka on Minggu, 15 Juli 2018 | 14.00.00

PURWAKARTA, RAKA- Sebuah taman baca sederhana di Kampung Pengkolan, Kecamatan Pasawahan, nampak terawat bersih dan rapi. Klug,  namanya. Taman baca ini dikelola oleh seorang anak muda bernama Dian Handayani yang masih berstatus mahasiswa. Dan, Klug berasal dari bahasa Jerman yang artinya cerdas.

Dian Handayani, mendirikan taman bacaan tersebut pada 4 Desember 2016 lalu dan bersyukur kedua orang tuanya mendukung sepenuhnya, bahkan ayahnya yang membangunkan taman bacaan tersebut tepat di halaman depan rumahnya. "Alhamdulillah taman bacaan ini didukung penuh oleh kedua orang tua dan kakak saya juga sahabat-sahabat lainnya. Setiap Sabtu Minggu, kami buka untuk warga, terutama anak-anak untuk bisa membaca bersama. Ada juga agenda mendongeng, membaca puisi dan lainnya," ungkap Dian, salah seorang penerima penghargaan West Java Leader Reading Challenge, dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Menurut mahasiswi sastra Jerman Universitas Indonesia ini, Klug pernah mendapat bantuan buku dari berbagai kalangan, diantaranya KPK RI, CT ARSA dan rekan-rekannya alumnus SMA. Dian berharap dapat memperluas taman bacaannya tersebut, bahkan ingin mendirikan PAUD (pendidikan anak usia dini) ke depannya. "Saya berharap dapat memperluas taman bacaan ini dan ingin mendirikan PAUD ke depannya, agar lebih banyak lagi anak-anak maupun warga yang dapat mendapatkan akses layanan pendidikan secara lebih baik," ujar anak kedua Cucu Laksana, pegawai di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purwakarta tersebut.

Kabid Kepemudaan Disdikpora, Ahmad Arif Imamulhaq, memberikan apresiasi atas kepeloporan Dian Handayani dengan melakukan kunjungan bersama beberapa orang stafnya ke lokasi taman bacaan. "Kami mencoba memberi apresiasi setiap inovasi dan kreatifitas anak-anak muda Purwakarta. Insya Allah setelah kami laporkan kepada pimpinan daerah, kami akan usulkan ke provinsi, agar Dian dapat menjadi salah satu pemuda pelopor tingkat nasional tahun ini. Kepeloporannya bisa memberi inspirasi bagi generasi muda agar lebih peduli terhadap lingkungannya dengan mendirikan taman bacaan, sekalipun sederhana," tuturnya. (ris)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template