Sebelum Belajar Anak PAUD Ziarahi Makam Leluhur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sebelum Belajar Anak PAUD Ziarahi Makam Leluhur

Sebelum Belajar Anak PAUD Ziarahi Makam Leluhur

Written By Admin Raka on Sabtu, 21 Juli 2018 | 17.00.00

CILAMAYA KULON, RAKA - Ratusan siswa PAUD, TKQ dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Singaperbangsa, Desa Manggungjaya, Kecamatan Cilamaya Kulon merutinkan kegiatan ziarah di komplek makam Adipati Singaperbangsa, sebelum berlangsung Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Kuncen Makam Adipati Singaperbangsa Ustad Ade Cahya tidak menyangkal kegiatan tersebut. Baginya, hal itu merupakan kegiatan positif yang bisa ditiru lembaga pendidikan lainnya. Sebab, selain bentuk hormat atas jasa dan sejarah para leluhur, nilai-nilai edukasi religi juga melekat pada para siswa tersebut dengan ziarah kubur. "Memang mereka rutin setiap mau mulai tahun ajaran baru ziarah kesini. Kita bimbing membacakan doa-doa ziarah kubur dan semoga berkah," ucap Ade, Jumat (20/7).

Ade melanjutkan, pihaknya menerima langsung kegiatan para siswa ziarah di komplek makam. Karena, MI, PAUD dan TKQ yang berlokasi satu kampung dengan makam ini memang selalu merutinkan ziarah kubur setiap menjelang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di awal tahun ajaran.

Guru MI Singaperbangsa Cilamaya Kulon Kusnadi mengatakan, siswa TKQ, PAUD dan MI yang jumlahnya lebih dari 100 siswa, berkunjung ke makam Bupati Singaperbangsa sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) merpakan  kegiatan rutin madrasahnya setiap tahun. Siswa, diantar para orangtuanya, berziarah bersama di komplek makam. Selain menghormati leluhur, juga karena nama lembaganya adalah Singaperbangsa, maka merasa perlu untuk sowan ke komplek makam para mantan Bupati tersebut.

Tujuannya, sebut Engkus, selain mengenalkan sejarah dan memperkuat rasa hormat, juga berharap wasilah keberkahan bagi para siswa selama proses belajar di Madrasah nantinya. "Ini tradisi setiap tahun yang kita harap keberkahannya, dan mengambil pelajaran dari sejarah," katanya.

Lebih jauh, Engkus menambahkan anak-anak selain berjamaah berdzikir, juga menyimak sedikit sejarah para leluhurnya dari kuncen setempat. Ia berharap dengan mentradisikan ziarah ini, anak-anak bisa selalu merutinkan dan memahami arti penting tradisi dan kebudayaan yang tidak boleh di lupakan. Karena, mereka mengenyam pendidikan. 

di lembaga yang namanya adalah seorang tokoh besar dan bersejarah di Karawang. Sebab, yang jauh-jauh saja sampai berziarah ke lokasi ini, apalagi kita sebagai masyarakat yang memang jaraknya tidak begitu jauh dari komplek makam di Desa Manggungjaya ini.  "Sesudah ziarah kita pastikan siswa sudah siap belajar lagi dan beraktifitas seperti biasa di sekolah," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template