Satu Desa di Purwasari Tahun Ini Pilkades - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Desa di Purwasari Tahun Ini Pilkades

Satu Desa di Purwasari Tahun Ini Pilkades

Written By Admin Raka on Senin, 02 Juli 2018 | 14.30.00

PURWASARI, RAKA - Hanya satu desa di Kecamatan Purwasari yang akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun ini. Meski demikian untuk waktu pastinya kapan pihak Kecamatan Purwasari masih menunggu kepastian.

"Ada satu desa yang gelar Pilkades (tahun ini), Desa Cengkong," ujar Kasi Pemerintahan Kecamatan Purwasari Syahrul Hafid.

Menurutnya, pemerintah kecamatan, begitupun pemerintahan desa tidak bisa berbuat apa-apa jika pemda belum menetapkan. Karena dalam pelaksanaan Pilkades membutuhkan anggaran. "Nunggu kepastian dari pemda (waktu pelaksanaan)," tambahnya.

Saat ini pihaknya tengah fokus mempersiapkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tahapannya sudah mulai berjalan. Setelah selesai pemilihan BPD, baru kemudian akan memikirkan pilkades. "Jadi terus nyambung. Sekrang Pilkada, saya jadi sekretaris PPK, terus pemilihan BPD sedang berjalan. Nanti Pilkades," ujarnya.

Sementara itu, ada kabar gembira bagi yang sudah ngebet ingin nyalon kepala desa. Pemerintah Kabupaten Karawang memberi sinyal jika pemilihan kepala desa di 67 desa akan digelar bulan November 2018. Anggaran yang akan disiapkan Rp7,9 miliar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang Teddy Rusfendi Sutisna mengatakan, pihaknya bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan membahas pembentukan panitia sekaligus mempersiapkan anggaran pilkades. "Senin nanti temen-temen dari DPMD akan mengadakan rapat untuk pembentukan panitia, sekalian untuk menghitung anggaran," katanya.

Dikatakan Teddy, setelah pemkab konsultasi ke Kementerian Dalam Negri (Kemendagri), pelaksanaan pilkades dibolehkan tahun 2019. "Karena jeda yang masa habis jabatannya pada tahun ini terlalu panjang kalau diselenggarakan pada tahun 2020. Karena akan ada lagi juga pilkades pada 2020," kata Teddy

Ia melanjutkan, DPMD akan menyisir mana yang akan habis jabatan tahun 2018, dan sisanya yang mencapai lebih dari 100 desa akan kembali dilakukan pada tahun 2020 untuk tahap pertama. "Insya Allah bisa dilaksanakan (pilkades), rencanannya bulan November ini," katanya. (zie/apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template