Satpol PP Minta Dilibatkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satpol PP Minta Dilibatkan

Satpol PP Minta Dilibatkan

Written By Admin Raka on Kamis, 12 Juli 2018 | 18.54.00

Awasi Pelajar Terjerumus Kasus Pencabulan 


CILAMAYA KULON, RAKA - Pihak sekolah diminta supaya melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menanggulangi persoalan penyalahgunaan miras, narkoba dan pencabulan di kalangan pelajar, selain pihak kepolisian dan TNI.

Desakan itu dilontarkan anggota Satpol PP Kecamatan Cimalaya Kulon Heri Setiawan kepada Rada Karawang, Rabu (11/7). Dia menyikapi maraknya korban di kalangan pelajar akibat menenggak miras oplosan dan penggunaan narkoba. "Pencegahan secara dini lebih baik ketimbang menhentikan setelah terjadi. Apalagi sekarang kan sekolah mau mulai lagi menerima siswa baru, maka masa orientasi akan lebih bermanfaatkan jika dibarengi sosialisasi bahaya narkoba," tandas Heri.

Untuk itu Heri menyarankan agar manajemen sekolah segera bekerjasama dengan aparat polisian dan bila perlu TNI guna memberikan materi ancaman narkoba di kalangan pelajar. "Jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan Satpol PP, kepolisian dan TNI sebagai upaya dini menanggulangi bahaya narkoba terhadap pelajar," tambah Heri.

Dikatakan Heri, maraknya praktek penyalahgunaan obat terlarang dan miras oplosan yang melibatkan kalangan pelajar membuat aparat semakin geram. Heri menyebutkan jenis-jenis kenakalan yang dilakukan pelajar dewasa ini, dasri miras oplosan sampai penyalahgunaan obat sehingga menyebabkan halusinasi negatif seperti terjadi di wilayah Kecamatan Cilebar dan Telagasari belum lama ini.

"Baru-baru ini kan ditemukan kasus halusinasi negatif yang mengakibatkan penyimpangan seksual yang terjadi di Cilebar dan Telagasari dan melibatkan pelajar. Kasus itu telah mencoreng nama baik dunia pendidikan. Karenanya, ini menjadi tanggung jawab bersama untuk melakukan upaya penanganannya," tandas Heri, dimana dalam upaya itu, terang Heri ikut melibatkan pihak keluarga, masyarakat dan sekolah.
 
"Pihak sekolah jangan sungkan melibatkan aparat untuk memberikan penyuluhan sebagai tindakan pencegahan awal bahaya narkoba. Sebab, jika sudah menjangkiti dan menjadi candu, bukan saja membahayakan diri sendiri, tetapi juga ikut merugikan orang lain. Seperti berbagai kasus pencabulan yang dilakukan anak usia sekolah," tegas Heri.

Heri menambahkan, Kecamatan Cilamaya Kulon sepanjang yang ia ketahui tidak ada gudang miras. Adapun satu di Desa Tegalurung adalah pedagang jamu yang sesekali nakal. Tapi anak-anak usia sekolah ini, banyak membeli obat-obat legal yang dijual bebas di warung dan apotek yang mudah ditemui. Seperti obat batuk, lem, eximer dan media obat lainnya untuk membuat halusinasi.

Obat itu memang legal, tetapi jika diminum dengan dosis berlebihan dan tak wajar, maka hal itu masuk kategori penyalahgunaan obat. Karenanya, para siswa baru wajib tahu ancaman dan bahaya menyalahgunakan obat yang sering dianggap ngetrend saat ini. Jangan sampai, terbawa arus pergaulan dan tongkrongan yang tidak wajar, karena aparat Kepolisian, Pol PP dan TNI sewaktu-waktu bisa menggeruduk dan mengamankan oknum pelajar yang berprilaku menyimpang seperti itu. "Obatnya legal, tapi dosis pemakaian yang gak wajar berarti sudah disalahgunakan, ini harus kita bina ancaman dan bahayanya bagi kesehatan," katanya.

Lebih jauh ia menambahkan, membuat kondusifitas aman dan terhindar dari penyalahgunaan obat adalah tanggungjawab bersama, baik keluarga, lingkungan sekolah maupun masyarakat secara luas. Untuk itu, ia berpesan, khususnya para guru, agar terus mengingatkan ancaman penyalahgunaan obat tersebut kepada semua siswa, apalagi di Cilamaya Kulon ini, banyak SMP Negeri, MTs Swasta dan SMK Swasta bahkan perguruan tinggi. Maka, ia harapkan pelajar dan siswa di Cilamaya Kulon, tetap berprilaku baik, karena gemblengan semua pihak untuk meyakinkan budi luhur pendidikannya. "Membuat aman adalah kewajiban semua pihak, jadi semuanya bertanggungjawab atas para siswa yang menyimpang," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template