RSUD Tingkatkan Peran Kehumasan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Tingkatkan Peran Kehumasan

RSUD Tingkatkan Peran Kehumasan

Written By Admin Raka on Jumat, 06 Juli 2018 | 18.30.00

TELUKJAMBE, RAKA - Peran kehumasan dalam sebuah instansi maupun organisasi harus bisa menjadi penghubung internalnya dengan masyarakat. Demikian pun Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, bagian ini jadi penyambung kebutuhan pasien dengan pihak rumah sakit terkait pelayanan-pelayanan yang diberikan. 

Rumah sakit instansi yang menyediakan jasa pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Dalam hal ini peran humas rumah sakit sangat strategis untuk mengupayakan dan  mensosialisasikan hak dan kewajiban pasien serta hak dan kewajiban dokter. "Humas berperan mengkomunikasikan kebijakan manajemen rumah sakit kepada pasien, demikianpun sebaliknya, terutama mengenai keluhan-keluhan untuk diusahakan penyelesaiannya," ucap Kabid Hukmas dan Promkes RSUD H. Ruhimin SH.

Disampaikannya dalam menindaklanjuti ketidakpuasan dan keluhan pasien, sebaiknya dengan cara menunjukkan upaya memberikan informasi dan juga pelayanan. Dalam hal itu, tegas dia pasien orang yang memberikan kontribusi yang jelas kepada rumah sakit. Dirinya pun mengaku, masyarakat yang datang pertama kali ke rumah sakit adalah ingin mendapatkan informasi sehingga peran penerangan informasi di rumah sakit amat penting keberadaannya.

"Disinilah peran RSUD sebagai rumah sakit yang paling dekat dan berhubungan langsung dengan masyarakat di tingkat daerah. RSUD diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan dari Pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan serta sebagai penyedia pelayanan dibidang kesehatan. Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan strategi dan program – program yang dapat membina hubungan baik antara rumah sakit dan masyarakat.

Hubungan baik itu penting untuk menciptakan saling pengertian antara pasien dan pihak rumah sakit sebagai penyelenggara pengobatan. "Kekuatan pelaksanaan hubungan masyarakat atau Public Relation diharapkan dapat membantu rumah sakit dan pemerintah dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesehatan," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template