RSUD Soroti Sampah dan Asap Rokok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » RSUD Soroti Sampah dan Asap Rokok

RSUD Soroti Sampah dan Asap Rokok

Written By Admin Raka on Senin, 02 Juli 2018 | 17.00.00

TELUKJAMBE, RAKA - Hal yang saat ini menjadi perhatian serius manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang, selain persoalan sampah adalah menjadikan lingkungan RSUD bebas dari asap rokok.

Hal itu diungkapkan Kasubbag Hukmas Promkes RSUD Karawang Ruhimin belum lama ini. Baik kebersihan maupun larangan untuk tidak merokok di lingkungan  RSUD merupakan dua hal penting untuk melekatkan prediket rumah sakit unggulan kepada RSUD, disamping profesionalitas pelayanan. Meski diakui Ruhimin bukan hal mudah untuk merealisasikannya.

"Jangan kaget jika ada petugas yang memperingatkan agar tidak meludah sembarangan atau mengingatkan suster supaya tidak membuang perban disembarang tempat hingga petugas yang ngomel-ngomel mengomentari kamar mandi dan toilet rumah sakit. Karena hal itu merupakan begian upaya rumah sakit untuk mewujudkan prediket rumah sakit unggulan," terang Ruhimin.

Dikatakan Ruhimin, semua harus sepakat kalau rumah sakit adalah tempatnya orang merawat orang sakit. Untuk itu jangan ditambah penyakit dengan lingkungan yang kotor dan tercemar oleh asap rokok. "Melalui lingkungan yang bersih kita berharap proses kesembuhan pasien bisa lebih cepat," terang dia.

Saat ini, sebut Ruhimin, ada delapan layanan unggulan di RSUD. Selain Instalasi Rawat Inap, Laboratorium, Instalasi Gawat Darurat dan Rehabilitas Medik, RSUD juga melayani Radiologi, Gizi, Pemulasaran Jenazah dan transfusi Darah. "Dari delapan layanan yang diberikan RSUD Instalasi Pemulasaran Janasah menjadi bagian terakhir yang paling diunggulkan selain unit transpusi darah," ucap Ruhimin.

Sementara menyinggung soal Kawasan Tanpa Rokok (KTR), secara terpisah petugas PPI RSUD Karawang Rita Sahara, sebelumnya mengatakan sampai saat ini ada saja pengunjung yang sembunyi-sembunyi merokok di lingkungan rumah sakit. Untuk pengunjung seperti itu, tandas Rita pihak rumah sakit sekarang akan tegas, karena akan mengusir pengunjung itu dari rumah sakit. "Bagi yang doyan ngebul, harus waspada saat berkunjung ke RSUD. Sebab, jika ketahuan merokok sembarang bakal dikenakan sanksi serius malah jika tetap membangkang akan dilakukan pengusiran sampai denda uang," tandas Rita. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template